Ahad 03 Sep 2023 12:10 WIB

Kekeliruan dalam Sholat yang Diperingatkan Rasulullah SAW Hingga Diibaratkan Mirip Yahudi

Terdapat sejumlah kekeliruan yang harus dihindari saat sholat

Rep: Andrian Saputra, Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Sholat berjamaah (ilustrasi). Terdapat sejumlah kekeliruan yang harus dihindari saat sholat
Foto: REPUBLIKA
Sholat berjamaah (ilustrasi). Terdapat sejumlah kekeliruan yang harus dihindari saat sholat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Salah satu hal yang dapat membatalkan sholat adalah melakukan banyak gerakan di luar gerakan-gerakan sholat. Oleh karena itu, saat melaksanakan sholat hendaknya dilakukan dengan khusyuk dan tenaga. 

Dalam sebuah hadits bahkan diterangkan seseorang Muslim yang banyak melakukan gerakan diluar gerakan sholat seperti menggoyang-goyangkan tubuhnya ketika sholat itu disamakan seperti orang Yahudi ketika mereka beribadah.  

Baca Juga

Sebagaimana dalam kitab at-Targib wa at-Tarhib pada pembahasan peringatan keras bergerak-gerak dan tengak-tengok dalam sholat, menuliskan keterangan hadits nabi Muhammad SAW: 

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : اِذَاقَامَ أَحَدُكُمْ اِلَى الصَّلَاةِ فَلْيَسْكُنْ أَطْرَافَهُ وَلَا يَتَمَايَلْ كَمَايَتَمَايَلُلُ الْيَهُوْدُفَاِنَّ سُكُوْنَ الْاَطْرَافِ فِى الصَّلَاةِ ِمْن تَمَامِ الصَّلَاةِ 

 

Rasulullah SAW bersabda, “Ketika berdiri salah satu kalian untuk sholat maka tenanglah tiap-tiap anggota badannya, dan jangan bergoyang-goyang seperti bergoyang-goyang orang Yahudi. Karena sesungguhnya tenangnya anggota badan di dalam sholat itu sebagian dari keutamaan sholat.”  

Begitupun ketika sholat jangan sekali-kali tengak-tengkok karena bukan saja membuat sholat tidak khusyuk tapi juga bisa membatalkannya sholat. Bahkan orang yang tengak-tengkok dalam sholat itu sangat dibenci Allah SWT sehingga Allah SWT pun tidak mau memandang orang tersebut. 

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَلْاِلْتِفَاتُ فِى الصَّلَاةِ اِخْتِلَا سٌ يَخْتَلِسُهُ الشَّيْطَانُ مِنْ صَلَاةِ الْعَبْدِووَاِنَّ اللَّهَ لَا يَزَ الُ مُقْبِلًا عَلَى الْعَبْدِ فِى الصَّلَاةِ مَالَمْ يَلْتَفِتْ فَاِذَاصَرَفَ وَجْهَهُ انْصَرَفَ عَنْهُ 

Rasulullah SAW bersabda, “Tengak-tengkok (menoleh) ketika dalam sholat itu gangguan, yang mengganggunya itu setan dari sholatnya seorang hamba. Dan sesungguhnya Allah itu tidak henti-hentinya memandang hamba-hamba dalam sholatnya sekama tidak tengak-tengkok. Maka jika hamba itu memalingkan wajahnya, maka berpaling Allah dari hamba itu.”  

Baca juga: Kecemburuan Hafshah, Putri Umar Bin Khattab yang Memicu Turunnya Ayat Alquran

Keutamaan khusyuk 

Sholat khusyuk  memiliki banyak keutamaan. Dalam buku berjudul "Tematik Al-Qur’an tentang Fiqih dan Ibadah”, Abd Rahman Ghazaly setidaknya menjelaskan empat keutamaan sholat khusyuk, dua di antaranya adalah sebagai berikut: 

Pertama, orang yang sholat khusyuk dapat memperoleh kebahagiaan (keberuntungan) di dunia dan akhirat. Allah SWT berfirman:  

قَدۡ اَفۡلَحَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَۙ الَّذِيۡنَ هُمۡ فِىۡ صَلَاتِهِمۡ خَاشِعُوۡنَ "Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyuk dalam sholatnya." (QS Al Muminun ayat 1-2). 

Baca juga: Momika Pembakar Alquran Terungkap Terima Uang dari Tiktok, Ini Besarannya

Kedua, sholat khusyuk juga dapat memberi ketenangan dalam hati, dan tidak gelisah apabila mendapat musibah (cobaan) hidup. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT:

اِنَّ الْاِنْسَانَ خُلِقَ هَلُوْعًاۙ اِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ جَزُوْعًاۙ وَّاِذَا مَسَّهُ الْخَيْرُ مَنُوْعًاۙ اِلَّا الْمُصَلِّيْنَۙ الَّذِيْنَ هُمْ عَلٰى صَلَاتِهِمْ دَاۤىِٕمُوْنَۖ

"Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat suka mengeluh. Apabila dia ditimpa kesusahan dia berkeluh kesah, dan apabila mendapat kebaikan (harta) dia jadi kikir, kecuali orang-orang yang melaksanakan sholat, mereka yang tetap setia melaksanakan sholatnya." (QS Al Ma'arij ayat 19-23).        

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement