Jumat 01 Sep 2023 15:00 WIB

Amaliyah yang Utama Dikerjakan dari Dzuhur sampai Ashar

Antara dzuhur dan Ashar adalah waktu terbaik untuk berdoa dan dzikir.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi berdzikir.
Foto: Dok Pemkot
Ilustrasi berdzikir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah mengerjakan sholat dzuhur berjamaah, dianjurkan bagi setiap Muslim untuk memanfaatkan waktu antara Dzuhur dan Ashar dengan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat.

Imam Al Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah memberikan tuntunan tentang amaliyah yang utama untuk dikerjakan setelah menunaikan sholat Dzuhur hingga datangnya waktu Ashar. 

Baca Juga

Maka setelah mengerjakan sholat Dzuhur hendaknya seorang Muslim mengerjakan sholat sunah dua rakaat bada Dzuhur. Sebab sholat sunah dua rakaat bada Dzuhur termasuk dari sholat rawatib. Jika hal itu telah dilakukan, maka menurut Imam Al Ghazali, seorang Muslim dapat mengisi aktivitasnya hingga datang waktu Ashar dengan menuntut ilmu, membaca Alquran dan bekerja. 

ولا تشتغل إلى العصر إلا بتعلم علم أو عانة مسلم ، أو قراءة القرآن ، أو سعي في معاش تستعين به على دينك. 

Artinya: Dan jangan disibukan hingga sampai waktu ashar kecuali dengan mempelajari ilmu, atau membantu sesama Muslim, atau membaca Alquran, atau usaha untuk memperoleh penghasilan agar digunakan untuk membantu agamamu. (Lihat kitab Bidayatul Hidayah halaman 119-120 cetakan Darul Minhaj Lebanon Beirut).

Ketika telah mendekati waktu Ashar, hendaknya seorang Muslim bersiap-siap untuk menunaikan sholat Ashar. Ketika telah memasuki Ashar maka hendaknya terlebih dulu mengerjakan sholat sunah qobliyah ashar empat rakaat. Sebab sholat sunah empat rakaat sebelum Ashar termasuk dalam sunah muakad. Lebih dari itu, Rasulullah SAW pun mendoakan orang yang dapat melaksakan sholat sunah qobliyah Ashar. 

ثم صلى أربعا قبل العصر ، فهي سنة مؤكدة ، فقد قال النبي صلى الله عليه وسلم: رحم الله عبدا صلى أربعا قبل العصر. 

Artinya: Kemudian sholat empat rakaat sebelum sholat Ashar. Sholat empat rakaat sebelum ashar itu sunah muakad. Rasulullah SAW telah bersabda: Semoga Allah memperoleh Rahmat bagi hamba yang sholat empat rakaat sebelum Ashar. 

Selanjutnya setelah mengerjakan sholat Ashar hendaknya seorang Muslim untuk mengisinya dengan aktivitas yang bermanfaat. Dan lebih utama adalah mengerjakan aktivitas menuntut ilmu, membaca Alquran, menolong orang seperti yang dilakukan setelah melaksanakan sholat Dzuhur. 

فاجتهد أن ينالك دعاؤه صلى الله عليه وسلم. ولا تشتغل بعد العصر إلا بمثل ما سبق قبله. 

Artinya: Maka berusahalah engkau supaya sampai padamu doanya Rasulullah SAW . Dan jangan engkau sibuk setelah Ashar kecuali mendahulukan seperti apa-apa yang dikerjakan sebelum masuk waktu sholat ashar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement