Kamis 31 Aug 2023 17:51 WIB

Sabda Nabi Muhammad tentang Berbuat Baik pada Hewan

Islam mengharapkan manusia memperlakukan semua hewan dengan hormat.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Peternak memindahkan anakan landak mini (Erinaceinae) yang dibudidayakan di Donowarih, Malang, Jawa Timur, Jumat (2/6/2023).
Foto: Antara/Bowo Sucipto
Peternak memindahkan anakan landak mini (Erinaceinae) yang dibudidayakan di Donowarih, Malang, Jawa Timur, Jumat (2/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Islam adalah agama yang mengedepankan perdamaian, toleransi, keadilan, dan rahmat. Namun, nilai terbesar mungkin adalah rahmat atau kasih sayang. Hal ini juga menjadi salah satu tema utama di dalam Alquran. 

Allah Subhanahu wa Ta'ala (SWT) berfirman: 

Baca Juga

وَلَقَدْ جِئْنٰهُمْ بِكِتٰبٍ فَصَّلْنٰهُ عَلٰى عِلْمٍ هُدًى وَّرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ

Artinya: "Sungguh, Kami telah mendatangkan kepada mereka Kitab (Alquran) yang telah Kami jelaskan secara terperinci atas dasar pengetahuan sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman" (QS Al A‘raf [7]:52).

Rahmat adalah sifat yang mewujudkan kelembutan, kesalehan, perhatian, kepedulian, cinta, dan pengampunan. Ketika semua itu terlihat di dunia, maka itu hanyalah cerminan rahmat Allah terhadap ciptaan-Nya.

Allah SWT berfirman dengan jelas bahwa Nabi Muhammad SAW adalah rahmat bagi seluruh makhluk, tidak hanya bagi keluarga dan sahabatnya, bagi bangsa Arab, bagi generasinya, atau bagi manusia saja. 

Allah SWT berfirman, 

وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ

Artinya: "Kami tidak mengutus engkau (Nabi Muhammad), kecuali sebagai rahmat bagi seluruh alam" (QS Al Anbiya' [21]:107).

 

 

Nabi Muhammad adalah perwujudan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement