Kamis 31 Aug 2023 16:26 WIB

Abaya yang akan Dilarang Prancis, Bagaimana Ketentuan Busana Muslimah? Ini 5 yang Pokok

Busana Muslimah wajib menutupi semua aurat

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Muslimah menggunakan abaya.  Busana Muslimah wajib menutupi semua aurat
Foto: EPA/SHAMSHAHRIN SHAMSUDIN
Ilustrasi Muslimah menggunakan abaya. Busana Muslimah wajib menutupi semua aurat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Pemerintah Prancis baru-baru ini mengeluarkan aturan yang kontroversial terkait busana di sekolah. Negara itu memutuskan melarang penggunaan gaun abaya di sekolah yang biasa digunakan Muslimah.

Abaya adalah salah satu busana yang berada dari Timur Tengah. Busana sederhana ini mirip dengan jubah dan kerap disebut sebagai gamis Arab.  

Baca Juga

Biasanya busana ini dipakai oleh para wanita di belahan dunia Muslim terutama di jazirah Arab dan Afrika Utara. Terlepas dari polemik pelarangan abaya di Prancis, seperti apa sebenarnya ketentuan busana sesuai syariat Islam?   

1. Busana yang digunakan menutup seluruh aurat Muslimah. Allah ta'ala berfirman: 

يَآأَيُّهَا النَّبِيُّ قُل لأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَآءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلاَبِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَن يُعْرَفْنَ فَلاَ يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللهُ غَفُورًا رَّحِيمًا 

“Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Mahapengampun lagi Mahapenyayang.” (QS Al Ahzab ayat 59). Juga diterangkan dalam sebuah hadits: 

أَنَّ أَسْمَاءَ بِنْتَ أَبِي بَكْرٍ دَخَلَتْ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْهَا ثِيَابٌ رِقَاقٌ فَأَعْرَضَ عَنْههَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ يَا أَسْمَاءُ إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتِ الْمَحِيضَ لَمْ تَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا إِلَّا هَذَا وَهَذَا وَأَشَارَ إِلَى وَجْهِهِ وَكَفَّيْهِ 

“Asma’ binti Abu Bakar pernah menemui Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam dengan memakai pakaian yang tipis. Maka Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam pun berpaling darinya dan bersabda, “Wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita itu jika sudah haidh (sudah baligh), tidak boleh terlihat dari dirinya kecuali ini dan ini”, beliau menunjuk wajahnya dan kedua telapak tangannya.”  (HR Abu Dawud 4140) 

2. Busana yang digunakan tidak transparan dan memperlihatkan lekuk tubuh. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW: 

صنفان من أهل النار لم أرهما: قوم معهم سياط كأذناب البقر يضربون بها الناس، ونساء كاسيات عاريات، مائلات مميلات، رؤوسهن كأسنمة البخت المائلة، لا يدخلن الجنة، ولا يجدن ريحها، وإن ريحها ليوجد من مسيرة كذا وكذا

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement