Kamis 31 Aug 2023 08:58 WIB

Ini Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Agar Terhindar dari Panasnya Api Neraka

Rasulullah SAW mengajarkan doa terhindar dari siksa neraka

Rep: Rossi Handayani / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Neraka. Rasulullah SAW mengajarkan doa terhindar dari siksa neraka
Foto: Pixabay
Ilustrasi Neraka. Rasulullah SAW mengajarkan doa terhindar dari siksa neraka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Muslim wajib meyakini adanya surga dan neraka. Muslim yang tidak taat akan mendapat balasan neraka dengan panasnya api di sana. 

Akan tetapi, Muslim dapat berlindung dari panasnya api neraka dengan melakukan ketaatan sambil berdoa dengan doanya dari Nabi Muhammad ﷺ. Berikut doa berlindung dari panasnya api neraka:     

Baca Juga

الَّلهُمَّ رَبَّ جِبْرَ ائِيلَ وَ مِيكَائِيلَ، وَرَبَّ إِسْرَافِيلَ، أَعُوذُبِكَ مِنْ حَرِّ  النَّارِ، وَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ    

Allahumma rabba jibraa`il wa mikaa`iil wa rabba israafiil a'uudzu bika min harrin naari wa min 'adzaabil qabri   

“Ya Allah, Rabb Jibril dan Mika`il, Rabb Israfil, aku berlindung kepada-Mu dari panasnya api neraka dan siksa kubur.”   

Seperti dikutip dari Kumpulan Doa Lengkap untuk Kebutuhan Hamba Allah terjemahan Abu Zur'ah, dalilnya ialah hadits riwayat dari Aisyah RA berikut ini:   

عن عائشة، أنها قالت: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:" الَّلهُمَّ رَبَّ جِبْرَ ائِيلَ وَ مِيكَائِيلَ، وَرَبَّ إِسْرَافِيلَ، أَعُوذُبِكَ مِنْ حَرِّ النَّارِ، وَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ". رواه النسائي 

Dari Aisyah radhiyallahu 'anha bahwa dia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah berdoa, "Allahumma rabba jibraa`il wa mikaa`iil wa rabba israafiil a'uudzu bika min harrin naari wa min 'adzaabil qabri."    

(Ya Allah, Rabb Jibril dan Mika`il, Rabb Israfil, aku berlindung kepada-Mu dari panasnya api neraka dan siksa kubur)." (HR an-Nasa'i)

 

Anjuran doa

Umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman sebagai berikut:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَججِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُووووا بِيييي لَعَلَّهُممْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS al-Baqarah ayat 186). 

Baca juga: Cerita Mantan Menkes Lolos dari Maut, Kamar yang Disiapkan untuknya Ditembaki Israel

Sebanyak apa pun kebutuhan manusia, mintalah kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan mengabulkan doa hamba-Nya. Dalam surat Al Mumin ayat 60, Allah SWT berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُوونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ 

Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina-dina."     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement