Jumat 25 Aug 2023 00:25 WIB

Keutamaan Hari Jumat Bagi Umat Islam

Hari Jumat adalah hari yang diberkahi Allah SWT.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Warga Palestina melaksanakan sholat Idul Fitri di Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Jumat, (21/4/2023). Perayaan Idul Fitri di Masjid Al-Aqsa berlangsung dengan aman. Ribuan warga Palestina tumpah ruah memenuhi area kompleks Masjid Al-Aqsa.
Foto:

2. Jumat juga merupakan hari diturunkannya salah satu ayat terbesar dalam Alquran.

Pada hari ini Aku telah menyempurnakan agamamu untukmu, menyempurnakan Nikmat-Ku kepadamu, dan telah memilih Islam sebagai agamamu. (Al-Ma'idah, ayat 3 )

Sebuah kisah dari kehidupan Khalifah kedua Umar, menggambarkan pentingnya hari Jumat. Seorang ulama dari kalangan Yahudi berkata kepada Umar bin Al-Khattab. Di dalam Al-Quran, kalian membaca sebuah ayat tertentu; andai saja ayat itu diturunkan kepada kami, niscaya kami akan merayakan hari itu setiap tahunnya.”

Umar bertanya:

“Ayat yang mana itu?”

Pria itu menjawab:

“Pada hari ini, Aku telah sempurnakan agamamu untukmu”.

Jumat adalah hari istimewa; melaksanakan sholat berjamaah pada hari ini mempunyai makna khusus dalam kehidupan seorang muslim. Cendekiawan Islam abad ketiga belas Ibnu Taimiyyah berkata:

“Hari yang paling utama dalam sepekan adalah hari Jumat menurut kesepakatan para ulama”, dan muridnya Ibnu-ul-Qayyim menyebutkan 32 ciri khusus hari Jumat dalam kitabnya Zad Al-Ma'ad.

Sesungguhnya inilah hari besar (hari perayaan) yang telah ditetapkan Allah bagi kaum muslimin. (Ibnu Majah)

Alangkah bijaknya bagi orang-orang beriman untuk memanfaatkan nikmat yang Allah turunkan kepada hamba-hamba-Nya di hari Jumat. Ini adalah hari berkumpul, hari perayaan dan hari muhasabah dan berdoa yang makbul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement