Jumat 25 Aug 2023 00:25 WIB

Keutamaan Hari Jumat Bagi Umat Islam

Hari Jumat adalah hari yang diberkahi Allah SWT.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Warga Palestina melaksanakan sholat Idul Fitri di Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Jumat, (21/4/2023). Perayaan Idul Fitri di Masjid Al-Aqsa berlangsung dengan aman. Ribuan warga Palestina tumpah ruah memenuhi area kompleks Masjid Al-Aqsa.
Foto:

Keutamaan Hari Jumat

1. Sholat Jumat (wajib bagi laki-laki) adalah salah satu kewajiban yang paling ditekankan dalam Islam. Ini adalah saat ketika umat Islam berkumpul untuk menyembah Allah, dan menemukan kekuatan dan kenyamanan dengan berdiri bahu-membahu dan menegaskan kembali iman dan pengabdian mereka kepada-Nya.

Di banyak negara mayoritas muslim, hari Jumat adalah hari libur pekanan. Namun tidak ada kewajiban penutupan usaha kecuali pada waktu salat berjamaah.

Di negara-negara barat, banyak umat Islam yang mencoba mengambil waktu istirahat makan siang pada waktu salat, biasanya pada sore hari. Nabi Muhammad mengatakan kepada para pengikutnya bahwa, Sholat lima waktu, dari satu salat Jumat hingga salat Jumat berikutnya, merupakan penghapus dosa-dosa yang dilakukan di antara keduanya, asalkan tidak melakukan dosa besar. (Muslim)

Penting bagi seorang Muslim untuk tidak mengabaikan Sholat Jumat karena pekerjaan, studi, atau urusan duniawi lainnya. Hendaknya orang-orang mukmin menjadikan shalat ini sebagai prioritas, karena mengabaikannya tiga kali berturut-turut tanpa alasan yang sah akan menyebabkan orang mukmin tersesat dari jalan yang lurus.

Meskipun hanya laki-laki saja yang wajib mengikuti salat Jumat berjamaah, namun banyak pula amalan yang boleh dilakukan oleh laki-laki, perempuan, atau anak-anak pada hari tersebut. Amalan tersebut antara lain mandi dan memakai pakaian bersih, memanjatkan banyak doa kepada Tuhan, mengirimkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, dan membaca Surat Al Kahfi.

Nabi Muhammad bersabda:Tidak ada hari yang lebih baik dari hari Jumat. Di dalamnya ada saat di mana tidak ada seorang pun yang berdoa kepada Allah kecuali Allah mendengar doanya. (At-Tirmidzi)

Jumat terdiri dari dua belas jam, salah satunya adalah waktu dimana Allah mengabulkan doa bagi orang-orang yang beriman. Waktu ini dicari pada jam terakhir setelah Asar (sholat ketiga pada hari itu). (Abu Dawoud, Al-Nisa'i)

Barangsiapa membaca Al Kahfi (Surat 18 Alquran) pada Jumat, maka Allah akan memberinya cahaya pada hari Jumat berikutnya. (Al-Bayhaqi)

Hari terbaik saat matahari terbit adalah hari Jumat. Itu adalah hari dimana Adam diciptakan. Itu adalah hari ketika Adam memasuki Taman Surga, hari ketika dia diusir dari sana, dan juga hari wafatnya. Hari Jumat adalah hari dimana hari kiamat akan terjadi. (Muslim)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement