Kamis 17 Aug 2023 15:17 WIB

Ulama Miliki Peran Besar dalam Menyebarkan Agama Islam

Ulama diamanatkan oleh Allah SWT untuk menegakkan keagungan Islam.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Suasana Masjid Jame Asr Hassanil Bolkiah di Kampong Kiarong of Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Rabu (16/8/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Suasana Masjid Jame Asr Hassanil Bolkiah di Kampong Kiarong of Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Rabu (16/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAR SERI BEGAWAN -- KUPU SB Dekan Fakultas Ushuluddin, Dr Norashibah binti Haji Besar, mengatakan 'pendakwah' atau Dai'e (pendakwah Islam) memiliki peran penting dalam menyebarkan agama di masyarakat. Ini karena mereka telah diamanatkan oleh Allah SWT untuk menegakkan keagungan Islam.

Adapun tantangan yang dihadapi oleh calon da'i adalah pengetahuan dan keterampilan. Antusiasme tanpa pengetahuan dan keterampilan dinilai dapat menghambat kemampuan mereka untuk secara efektif menjalankan peran-perannya sebagai pendakwah.

Baca Juga

Hal tersebut disampaikan Dekan Fakultas Ushuluddin KUPU SB saat membuka Seminar Internasional Pendidikan Ushuluddin di Aula Tarbiah, IKUB Seri Begawan KUPU SB kemarin. Kegiatan kali ini mengangkat tema seminar ‘Empower the Quality of Da’ie’.

Dilasnir di Borneo Bulletin, Kamis (17/8/2023), acara tersebut bertujuan untuk memberdayakan kredibilitas da’i dalam mengintegrasikan pengetahuan teoretis dan praktis. Integrasi tersebut berupaya untuk semakin memperkuat strategi dakwah yang lebih berkualitas, relevan dan selaras dengan perubahan situasi dan kesadaran masyarakat saat ini.

Bukan hanya itu, seminar ini juga memiliki tujuan untuk memperdalam ilmu dakwah dengan isu-isu yang realistis dan strategis. Harapannya, hal ini dapat membantu memberdayakan kerja dakwah yang efektif.

Di sisi lain, acara tersebut diharapkan dapat meningkatkan keterampilan da’i, dengan menghadirkan metodologi dakwah yang beragam dan pemanfaatan media teknologi terkini untuk menjamin kualitas da’ie.

Usai pembukaan, acara ini dilanjutkan dengan sambutan dari Mufti Negara Pehin Datu Seri Maharaja Dato Paduka Seri Setia (Dr) Ustaz Haji Awang Abdul Aziz bin Juned.

Dihadirkan pula presentasi makalah utama I oleh Direktur Islamic Hadhari Institute Universiti Kebangsaan Malaysia, Profesor Dato' Dr Fariza binti Md Sham. Untuk makalah utama II disampaikan oleh Wakil Wakil Rektor Universiti Sains Islam Malaysia Profesor Dato Dr Zulkiple bin Abdul Ghani dan Ra'es dari KUPU SB Dr Haji Adanan bin Haji Basar. 

Sumber:

https://borneobulletin.com.bn/islamic-preachers-play-major-role-in-spreading-religion/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement