Kamis 17 Aug 2023 15:14 WIB

Aksi Bakar Alquran Danske Patrioter tak Pernah Diliput Media Denmark, Mengapa?

Danske Patrioter punya catatan kriminal dan memang mencari perhatian.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Kelompok Patriot Denmark (Danske Patrioter) jadi penggerak aksi pembakaran Alquran di Denmark.
Foto: AP
Kelompok Patriot Denmark (Danske Patrioter) jadi penggerak aksi pembakaran Alquran di Denmark.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aksi pembakaran Alquran di Denmark sudah terjadi sejak Januari 2023. Aksi itu sempat terhenti lalu kembali terjadi secara masif satu bulan terakhir. Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Denmark Dewi Savitri Wahab menceritakan aksi pembakaran sengaja dilakukan di depan negara-negara anggota OKI.

"Diawali dari lima negara: Turki, Mesir, Irak, Iran, dan Aljazair. Lalu dalam perkembangannya juga terjadi di depan KBRI. Karena KBRI bersebelahan dengan Kedubes Maroko, pembakaran Alquran juga terjadi di depan Kedubes Maroko. Sempat juga dilakukan di depan Kedubes Cina, dan pekan lalu di (depan Kedubes) Albania," katanya saat berbicang secara virtual dengan Republika pada Rabu (16/8/2023).

Baca Juga

Meski aksi pembakaran Alquran masif terjadi, Dewi melihat tak ada media Denmark yang meliput penistaan tersebut. Ia menduga media arus utama tidak ingin memberikan panggung pada kelompok Danske Patrioter yang punya catatan kriminal yang panjang.

"Satu hal yang ingin saya sampaikan bahwa aksi pembakaran Alquran ini sama sekali tidak mendapatkan liputan dari media arus utama Denmark. Karena orang ini (anggota Danske Patrioter) punya catatan kriminal dan memang mencari perhatian. Ini sama sekali tidak mendapatkan liputan media," katanya.

"Mereka intinya memang ingin mencari perhatian. Karena tak memperoleh perhatian dari publik dan media Denmark, mereka terus melakukan aksi pembakaran," tambah Dewi.

Oleh karena itu, ia berharap reaksi aksi pembakaran Alquran tidak berlebihan sehingga tidak mengakibatkan atau memicu tindakan kekerasan lainnya.

Aksi bakar Alquran bertujuan ciptakan perpecahan ...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement