Jumat 11 Aug 2023 18:15 WIB

5 Sahabat yang Terbanyak dalam Meriwayatkan Hadits

Salah satunya Abu Hurairah yang meriwayatkan hingga 5.374 hadits.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Ilustrasi Sahabat Nabi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para sahabat Rasulullah SAW banyak yang meriwayatkan hadits dari Nabi Muhammad. Salah satunya Abu Hurairah yang meriwayatkan hingga 5.374 hadits.

Seperti dikutip dari Syarah 10 Hadits Qudsi Pilihan disusun Abu Hafizhah Irfan, berikut lima sahabat terbanyak dalam meriwayatkan hadits Nabi SAW, antara lain adalah sebagai berikut.

Baca Juga

1. Abu Hurairah Radhiyallahuanhu (wafat di Madinah tahun 59 H), beliau telah meriwayatkan hadits sebanyak 5.374 hadits.

2. ‘Abdullah bin ‘Umar Radhiyallahuanhu (sahabat yang terakhir wafat di Makkah tahun 73 H), beliau telah meriwayatkan hadits sebanyak 2.630 hadits.

3. Anas bin Malik Radhiyallahuanhu (sahabat yang terakhir wafat di Bashrah tahun 93 H), beliau telah meriwayatkan hadits sebanyak 2.286 hadits.

4. ‘Aisyah radhiyallahu anha (wafat di Madinah tahun 58 H), beliau telah meriwayatkan hadits sebanyak 2.210 hadits.

5. ‘Abdullah bin ‘Abbas Radhiyallahuanhu (wafat di Thaif tahun 68 H), beliau telah meriwayatkan hadits sebanyak 1.660 hadits yang terdapat di dalam Kitab Ash-Shahihain.

Adapun Abu Hurairah Radhiyallahuanhu nama aslinya adalah ‘Abdurrahman bin Shakhr Ad-Dausi. Beliau dilahirkan pada tahun 21 sebelum hijrah bertepatan dengan 602 M.

Semasa kecil beliau adalah anak yatim yang lemah pada masa jahiliyah. Datang ke Madinah pada saat Rasulullah SAW ke Khaibar. Beliau masuk Islam pada tahun 7 Hijriyah dan selalu bersama di sisi Rasulullah Shallallahualaihi Wasallam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement