Jumat 11 Aug 2023 08:34 WIB

Tanda Orang Jahat dan Zalim Menurut Nabi Muhammad

Penjelasan Rasulullah ini dapat ditemukan dalam kitab Wasiyatul Mustofa.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Salju menyelimuti padang pasir Gurun Sahara di dekat Ain Sefra, Aljazair, Senin (19/12) lalu.
Foto: Karim Bouchetata/Geoff Robinson, the telegrap
Salju menyelimuti padang pasir Gurun Sahara di dekat Ain Sefra, Aljazair, Senin (19/12) lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang-orang jahat dan zalim dapat dengan mudah dikenali dari perilakunya, dan bagaimana ia memperoleh harta. Rasulullah SAW mengungkapkan tanda-tanda orang yang jahat dan orang yang zalim.

Penjelasan Rasulullah ini dapat ditemukan dalam kitab Wasiyatul Mustofa berisi wasiat-wasiat Rasulullah kepada Ali bin Abi Thalib yang disusun oleh Syekh Abdul Wahab bin Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Musa Asy Syarani Al Anshari Asy Syafi'i Asy Syadzili Al Mishri atau dikenal sebagai Imam Asy Syaran. Penjelasan Rasulullah ini sekaligus menjadi bahan muhasabah diri agar terhindar dari tanda-tanda orang yang jahat dan zalim.

Baca Juga

Tanda orang jahat

وَلِلْمُجْرِمِ ثَلَاثُ عَلَامَاتٍ حُبُّ الْفَسَادِ وَضَرُّ الْعِبَادِ وَاجْتِنَابُ الرَّشَادِ

Bagi penjahat, tandanya ada tiga. Yaitu suka membuat kerusakan, membahayakan hamba yang lain, dan menjauhi petunjuk atau nasihat.

Yang dimaksud dengan suka membuat kerusakan, tidak hanya dapat dilakukan dengan fisik, semisal perang dan lainnya. Namun, termasuk juga kejahatan dengan lisan, semisal membuat pernyataan yang sengaja memicu kerusuhan.

Tanda orang zalim

يَا عَلِيُّ، وَلِلظَّالِمِ ثَلَاثُ عَلَامَاتٍ لَا يُبَالِيْ مِنْ أَيِّ شَيْءٍ يَأْكُلُ وَيَقْهَرُ مَدِيْنَهُ وَيَبْطِشُ بِهِ إِذَا مَكَّنَهُ

Wahai Ali, orang zalim ada tiga tandanya, dia tidak peduli dari mana dengan cara apa dia makan, dia memaksa orang yang berutang padanya (seperti yang dilakukan para rentenir), dan dia memukul orang yang berutang padanya bila memungkinkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement