Kamis 10 Aug 2023 20:38 WIB

Salam Allah SWT dan Malaikat-Nya untuk Khadijah Istri Rasulullah SAW

Khadijah adalah istri Rasulullah SAW yang sangat mulia

Rep: Rossi Handayani / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi. Khadijah adalah istri Rasulullah SAW yang sangat mulia
Foto: Pixabay
Ilustrasi. Khadijah adalah istri Rasulullah SAW yang sangat mulia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Istri Nabi Muhammad ﷺ, Khadijah Binti Khuwailid radhiyallahu anha pernah mendapatkan salam dari Allah SWT dan Jibril ‘alaihis salam.  

 

Baca Juga

Seperti dikutip dari buku the Wonderful Ummahatul Mukminim oleh Erlan Iskandar, Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata:  

 

أَتَى جِبْرِيلُ النَّبِيَّ -صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، هَذِهِ خَدِيجَةُ قَدْ أَتَتْك مَعَهَا إِنَاءٌ فِيهِ  إِدَامٌ أَوْ طَعَامٌ أَوْ شَرَابٌ، فَإِذَا هِيَ أَتَتْكَ فَاقْرَأْ عَلَيْهَا السَّلاَمَ مِنْ رَبِّهَا وَمِنِّي، وَبَشِّرْهَا بِبَيْتٍ فِي الْجَنَّةِ مِنْ قَصَبٍ، لاَ صَخَبَ فِيهِ وَلاَ نَصَبَ

 

“Pada suatu ketika Jibril pernah datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sambil berkata, ‘Wahai Rasulullah, ini dia Khadijah. Ia datang kepada engkau dengan membawa wadah berisi lauk pauk, atau makanan atau minuman.’ ‘Apabila ia datang kepada engkau, maka sampaikanlah salam dari Allah dan dariku kepadanya. Selain itu, beritahukan pula kepadanya bahwa rumahnya di surga terbuat dari emas dan perak, yang di sana tidak ada kebisingan dan kepayahan di dalamnya.’” (HR Bukhari dan Muslim) 

 

Bahkan, disebutkan bahwa Khadijah adalah orang pertama yang mengerjakan sholat bersama Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam.

 

Ibnu Hajar dalam kitab al-Ishabah menceritakan, "Suatu ketika, Nabi Muhamamad diajari Malaikat Jibril bagaimana cara sholat. Beliau pun lantas pulang dan menyampaikan hal tersebut kepada Khadijah. Nabi pun mengajarkannya kepada Khadijah. 

 

Khadijah berwudhu sebagaimana Nabi SAW berwudhu. Khadijah pun mengerjakan sholat bersama Nabi Muhammad SAW. Lantas Khadijah pun berkata:  

 

أشهد أنك رسول الله  "Aku bersaksi bahwa engkau adalah utusan Allah." 

 

Pebisnis andal

 

Siti Khadijah binti Khuwailid dilahirkan pada tahun 68 sebelum Hijriyah, di sebuah keluarga yang mulia dan terhormat. Dia tumbuh dalam suasana yang dipenuhi dengan perilaku terpuji.

 

Ulet, cerdas dan penyayang merupakan karakter khusus kepribadiannya. Sehingga masyarakat di zaman Jahiliyah menjulukinya sebagai at-Thahirah (seorang wanita yang suci).

Baca juga: Ketika Berada di Bumi, Apakah Hawa Sudah Berhijab? Ini Penjelasan Pakar

 

 

Khadijah al-Kubra adalah seorang pebisnis andal, pengusaha wanita sukses yang disegani. Sebagai seorang saudagar, ia memiliki sejumlah orang kepercayaan yang membantunya menjalankan bisnis. Ia juga senantiasa membagi profit kepada karyawan atau pegawai, bahkan relasi bisnis.

 

Khadijah berprofesi sebagai pedagang yang mempunyai modal sehingga bisa mengupah orang untuk menjalankan usahanya. Dalam berbisnis, Khadijah membagi keuntungan dari perolehan usaha tersebut. 

 

Khadijah memiliki rombongan dagang besar seperti pada umumnya rombongan dagang kaum Quraisy lainnya. Sebagai pebisnis, Khadijah dikenal sukses dan hebat.   

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement