Senin 07 Aug 2023 12:40 WIB

Ketika Lelaki Berpenampilan Buruk Memasuki Masjid Saat Nabi Muhammad Berkhutbah

Nabi Muhammad menyuruh lelaki ini untuk sholat tahiyatul masjid.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Ketika Lelaki Berpenampilan Buruk Memasuki Masjid Saat Nabi Muhammad Berkhutbah. Foto: Infografis Tuntunan Nabi Muhammad Ketika Bertemu Anak Kecil
Foto: Republika.co.id
Ketika Lelaki Berpenampilan Buruk Memasuki Masjid Saat Nabi Muhammad Berkhutbah. Foto: Infografis Tuntunan Nabi Muhammad Ketika Bertemu Anak Kecil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam Islam, kedudukan adab memasuki masjid sangat diperhatikan. Terkait ini, Nabi Muhammad SAW ketika berkhutbah di masjid pernah didatangi oleh seorang laki-laki berpenampilan buruk. Lantas, apa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW?

Imam Syafii dalam kitab Al Umm menjabarkan bahwa Ibnu Uyainah mengabari kami, dari Amr bin Dinar, dari Jabir bin Abdullah, dia berkata, "Seorang laki-laki masuk pada hari Jumat ketika Nabi SAW sedang berkhutbah. Nabi lalu bertanya kepada orang itu, "Apakah engkau sudah sholat?"

Baca Juga

Orang itu menjawab, "Belum." Rasulullah lalu bersabda, "Maka sholatlah engkau dua rakaat."

Imam Syafii berkata, "Ibnu Uyainah mengabari kami, dari Abu Zubair dari Jabir, dari Nabi Muhammad SAW, sebuah hadis seperti itu. Tetapi, ada tambahan dalam hadis Jabir, yakni Salik Al Ghathafani."

 

Imam Syafii berkata, "Ibnu Uyainah mengabari kami, dari Ibnu Ajlan, dari Iyadh bin Abdullah, dia berkata, "Aku pernah melihat Abu Said Al Khudri datang ketika Marwan sedang berkhutbah. Dia (Abu Said) pun berdiri melaksanakan sholat dua rakaat. Maka para pengawal mendatanginya untuk mendudukkannya. Tetapi Abu Said menolak duduk sampai dia menyelesaikan sholat dua rakaat."

Setelah kami menyelesaikan sholat, kami pun mendatangi Abu Said lalu berkata kepadanya, "Wahai Abu Said, nyaris saja orang-orang itu memperlakukanmu seperti itu."

Dia menyahut, "Aku tidak akan pernah meninggalkannya (sholat) disebabkan aku melihat sesuatu dari Rasulullah SAW. Aku pernah melihat Rasulullah ketika beliau berkhutbah, lalu datanglah seorang laki-laki yang masuk ke dalam masjid dengan penampilan yang buruk."

Beliau lalu bertanya, "Apakah engkau sudah sholat?". Orang itu menjawab, "Belum." Beliau pun bersabda, "Maka sholatlah dua rakaat."

Kemudian Rasulullah mendorong orang-orang agar bersedekah sehingga mereka pun melemparkan beberapa pakaian. Rasulullah kemudian menyerahkan dua di antara pakaian-pakaian itu kepada lelaki tersebut.

Ketika tiba hari Jumat yang lain, lelaki yang sama datang di saat Nabi berkhutbah. Nabi pun kembali bertanya tentang sholat, dan ia belum menunaikan sholat dua rakaat. Kemudian Rasulullah kembali mendorong orang-orang agar bersedekah dan tiba-tiba laki-laki itu melemparkan salah satu di antara kedua pakaian miliknya.

Maka Nabi Muhammad SAW pun berseru, "Ambillah itu." Lelaki itu pun mengambil pakaiannya kemudian Nabi bersabda, "Lihatlah orang ini! Dia datang pada Jumat kali itu dengan penampilan yang buruk, maka kuperintahkan orang-orang untuk bersedekah, maka mereka pun melemparkan banyakan pakaian. Maka aku beri dia dua helai pakaian dari pakaian-pakaian itu. Ketika datang Jumat lain dan aku perintahkan orang-orang bersedekah, dia datang lagi dan dia memberikan salah satu dari dua pakaian miliknya."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement