Kamis 03 Aug 2023 18:31 WIB

Makna Ayat yang Dimulai dengan Kalimat Ya Ayyuhalladzina Aamanuu

Sesungguhnya ada kebaikan yang Allah perintahkan.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Alquran
Foto: Dok Republika
Ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ayat-ayat yang dimulai dengan kalimat "Ya ayyuhalladzina aamanuu/wahai orang-orang yang beriman" merupakan ayat yang cukup sering didengar. Apa makna dan mengapa Allah menggunakan kalimat tersebut?

Pakar Ilmu Tafsir Prof Quraish Shihab dalam kitab Tafsir Al Mishbah menjelaskan ayat-ayat yang dimulai dengan panggilan "Ya ayyuhalladzina aamanuu" adalah ayat-ayat yang turun di Makkah. Panggilan semacam ini dinilai bukan saja merupakan panggilan mesra, tetapi juga dimaksudkan agar yang diajak mempersiapkan diri melaksanakan kandungan ajakan.

Baca Juga

Dalam konteks ini diriwayatkan bahwa sahabat Nabi Muhammad SAW, Ibnu Masud, berkata, "Jika kamu mendengar panggilan Illahi 'Ya ayyuhalladzina aamanuu," siapkanlah dengan baik pendengaranmu karena sesungguhnya ada kebaikan yang Dia perintahkan atau keburukan yang Dia larang."

Contoh Ayat Alquran dengan Kalimat Awal Ya Ayyuhalladzina Aamanuu

1. Surat Al Baqarah ayat 183

Allah berfirman, "Yaa ayyuhal laziina aamanuu kutiba 'alaikumus Siyaamu kamaa kutiba 'alal laziina min qablikum la'allakum tattaquun."

Yang artinya, "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Contoh ayat Alquran lainnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement