Selasa 01 Aug 2023 16:19 WIB

Contoh Perilaku Berikut Ini Perlihatkan Betapa Mulianya Rasulullah SAW ke Sesama Manusia

Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang agung dan mulia

Rep: Rossi Handayani / Red: Nashih Nashrullah
Nabi Muhammad (ilustrasi). Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang agung dan mulia
Foto: Dok Republika
Nabi Muhammad (ilustrasi). Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang agung dan mulia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nabi Muhammad ﷺ merupakan teladan terbaik bagi manusia. Ketika berinteraksi dengan manusia beliau senantiasa menunjukkan akhlak yang mulia.

Dikutip dari buku Nabi Islam Muhammad ﷺ oleh Islamic Sciences and Research Academy of Australia, Muhammad, beliaulah selalu yang mulai mengucapkan salam. Rasulullah SAW ajari sahabatnya bahwa senyuman kepada orang lain adalah sedekah.

Baca Juga

Rasulullah SAW tidak pernah diberi dua pilihan, kecuali beliau akan memilih yang mudah selama tidak ada dosanya.Ia tidak ikut campur dalam hal yang tidak bermanfaat. 

Rasulullah SAW seorang yang ramah nan jujur dalam bergaul dan berinteraksi dengan orang lain. Ketika beliau berdagang, ia terkenal dengan sifatnya yang jujur dan terpercaya.

 

Jika duduk Rasulullah SAW duduk di mana orang terakhir duduk, beliau tidak mengganggu orang lain untuk mencari tempat duduk. Beliau berikan perhatian yang penuh kepada lawan bicaranya, juga tidak memotong bicara lawannya hingga lawannya selesai berbicara. Rasulullah SAW adalah seorang yang pemalu, tidak pernah melakukan hal yang memalukan. 

Beliau tidak banyak bicara, tetapi jika bicara ia berkata dengan lancar dan fasih, sederhana dan bermakna. Jika beliau ingin menguatkan perkataan, beliau ulangi tiga kali. Perkataannya adalah kebenaran, beliau tidak berbicara kecuali dengan kebenaran.

Baca juga: Alquran Isyaratkan Luar Angkasa Hampa Oksigen Sejak 14 Abad Lalu  

 Rasulullah SAW tidak suka debat, tidak suka menghina, juga tidak berlebihan dalam memuji orang. Tidak berbicara kecuali karena mengharap pahala dari Allah SWT, tidak berharap dari perkataannya kecuali ridhaNya. Beliau ajarkan kepada para sahabatnya. 

عن أبي أمامة الباهلي رضي الله عنه مرفوعاً: «أنا زعيم ببيت في رَبَضِ الجنة لمن ترك المِرَاءَ وإن كان مُحِقًّا، وببيت في وسط الجنة لمن ترك الكذب وإن كان مازحاً، وببيت في أعلى الجنة لمن حَسَّنَ خلقه

Dari Abu Umāmah Al-Bāhili raḍiyallāhu 'anhu secara marfū', "Aku menjamin sebuah rumah di tepi surga bagi orang yang meninggalkan debat kusir walaupun ia benar, sebuah rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan dusta walaupun bercanda, dan sebuah rumah di puncak surga bagi orang yang baik akhlaknya." (HR Abu Dawud)

Inilah mengapa Rasulullah SAW adalah uswatun hasanah, suri teladan yang agung dan abadi sepanjang zaman.

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS Al-Ahzab ayat 21)    

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement