Sabtu 22 Jul 2023 17:48 WIB

Murid Maki Guru, Ini 5 Adab Murid pada Guru yang Luput di Era Sekarang

Islam mengajarkan adab seorang murid kepada guru.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Siswa kelas I dan II mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dalam satu ruang kelas di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Pasawahan, Dusun Ciakar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (9/9/2021). Siswa terpaksa belajar di posyandu, teras warga, serta mushola lantaran belum memilik ruang kelas sejak 2017 silam, karena sekolah tersebut hanya memiliki satu ruang kelas dan ruang guru.
Foto:

Ketiga, hindari meninggalkan majelis ilmu kecuali atas izin guru.

Namun, kalau pun guru tersebut memberi izin, maka sungguh lebih baik tidak meninggalkan majelis ilmu sebelum berakhir.

Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya yang sebenar-benar orang mukmin ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, dan apabila mereka berada bersama-sama Rasulullah dalam sesuatu urusan yang memerlukan pertemuan, mereka tidak meninggalkan (Rasulullah) sebelum meminta izin kepadanya. Sesungguhnya orang-orang yang meminta izin kepadamu (Muhammad) mereka itulah orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya, maka apabila mereka meminta izin kepadamu karena sesuatu keperluan, berilah izin kepada siapa yang kamu kehendaki di antara mereka, dan mohonkanlah ampunan untuk mereka kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS An Nur ayat 62)

Keempat, bertanya dengan penuh kesopanan ketika ada yang tidak paham.

Dalam kitab Adab al 'Alim wa al-Muta'allim, Hadratussyekh KH Hasyim Asyari mengingatkan agar seorang murid tak ragu bertanya jika tak mengerti suatu pelajaran. Namun, pertanyaan yang diajukan harus dengan sopan santun.

Kiai Hasyim juga mengutip pernyataan Mujahid RA, "Orang yang pemalu dan orang yang sombong tidak akan bisa mempelajari ilmu." Aisyah RA juga berkata, "Semoga Allah mengasihi kaum perempuan Anshar, karena sifat malu mereka telah mencegah mereka mempelajari ilmu agama."

Kelima, bersikap sopan santun ketika hadir dalam sebuah perkumpulan para ulama atau guru.

Al Hassan berkata kepada anaknya:

يا بني إذا جلست العلماء فكن على أن تسمع أحرص منك على أن تقول وتعلم حسن الاستماع كما تتعلم حسن الصمت ولا تقطع على أحد حديثا وإن طال حتى يمسك

"Wahai anakku, jika kamu duduk bersama para ulama, dengarkanlah dengan seksama daripada berbicara. Belajar mendengarkan dengan baik sebagaimana kamu belajar diam dengan baik. Dan jangan kamu memutus pembicaraan seseorang meskipun panjang, hingga ia berhenti bicara." (Perkataan Al Hassan bin Ali kepada anaknya)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement