Kamis 06 Jul 2023 14:07 WIB

Ilmu Parenting dari Nabi Muhammad Ketika Bertemu Anak Kecil

Umat Muslim dianjurkan mencontoh akhlak Nabi Muhammad ketika bertemu anak kecil.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto: Republika
Nabi Muhammad (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keindahan akhlak Nabi Muhammad SAW sangat nampak dalam berbagai lini kehidupan yang dijalankan Nabi SAW. Salah satunya adalah akhlak ketika Nabi bertemu dengan anak-anak.

Muhammad bin Shalih Al Utsaimin dalam Syarah Shahih Al Bukhari menjabarkan, karena sikap lemah lembut Nabi Muhammad SAW kepada anak perempuan yang masih kecil, beliau pernah menunjuk baju anak perempuan dengan tangannya seraya berkata, "Ini bagus".

Baca Juga

Dengan demikian, umat Islam sebagaimana yang disampaikan Syekh Shalih, sudah sepantasnya berlaku lembut kepada anak-anak. Misalnya, ketika melihat ada anak perempuan kecil yang mengenakan kalung, lalu dianjurkan bagi kita untuk mengucapkan, "Masya Allah, ini bagus sekali dan indah."

Sebab seseorang memahami ukuran kebahagiaan yang akan didapatkan oleh anak-anak dengan dengan sebab itu. Dan kalimat pujian semacam itu sangat ringan serta tidak berdampak buruk terhadap tumbuh kembang anak.

 

Hal sebaliknya dapat berlaku jika kata-kata buruk yang kita ucapkan kepada anak-anak. Kalimat buruk apabila diucapkan kepada anak-anak, maka tidak menutup kemungkinan menyebabkan kesedihan pada sang anak dan membuatnya menangis. Meskipun anak itu sangat menyukai dan senang dengan barang tersebut, meskipun memang terlihat kurang bagus, maka dianjurkan memuji si anak.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement