Selasa 13 Jun 2023 13:00 WIB

Pentingnya Makanan Halal dan Thayyib Bagi Muslim

Orang yang memakan makanan halal dan thayyib termotivasi melaksanakan ketaatan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi Makanan Halal dan thayyib.
Foto: MGROL100
Ilustrasi Makanan Halal dan thayyib.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah restoran di Jakarta Selatan tengah menjadi perbincangan lantaran pelayannya dengan sengaja menyuguhkan daging babi kepada konsumen Muslim. Padahal konsumen Muslim tersebut memesan menu daging sapi. Terlepas dari kasusnya, yang penting untuk diketahui bahwa dalam Islam seorang Muslim memang hanya diperbolehkan memakan makanan yang halal dan thayyib (baik). Sebagaimana firman Allah SWT:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَات الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

Baca Juga

Artinya: "Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah mengikuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan adalah musuh yang nyata bagi kalian" (QS Al-Baqarah: 168).

Seorang Muslim diperintahkan hanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal. Baik itu halal secara dzatiyah atau wujud  makanan makanannya ataupun halal dari aspek asal memperoleh makanan tersebut.

Maka tidak boleh bagi seorang Muslim memakan makanan yang diharamkan dalam syariat seperti memakan daging babi. Selain itu Muslim juga tidak boleh memakan makanan yang diperoleh dari cara yang haram seperti hasil mencuri kendatipun fisik makanannya halal.

Tak hanya itu makanan dan minuman yang halal tersebut juga har baik (thayyiban). Artinya makanan tersebut juga harus suci atau tidak najis, tidak membahayakan tubuh akan maupun jiwa saat dikonsumsi. Artinya makanan thayyib itu yang berimplikasi baik bagi kesehatan, yakni makanan yang sehat memiliki gizi sehingga memberi dampak positif bagi kesehatan orang yang memakannya.  Selain itu makanan thayyib juga adalah makanan yang enak dan layak dikonsumsi.

Sebab makanan yang halal thayyiban sangat berpengaruh terhadap orang, baik jasmaniyah maupun bathiniyahnya. Secara jasmani, makanan yang halal dan thayyib sudah pasti memberikan kesehatan dan energi. Secara batin, makanan yang halal dan thayyib akan membuat manusia semakin baik dalam menjalankan agamanya, semakin bersih hatinya, serta terkabul semua hajat yang diinginkannya.

Sebagaimana pesan Rasulullah SAW kepada Ali bin Abi Thalib seperti dikutip dalam kitab Wasiatul Mustofa karangan Imam Asy Sya'rani:

يا علي. من اكل الحلال صفا دينه، ورق قلبه، ولم يكن لدعو ته حجاب

Wahai Ali, barang siapa yang makan makanan halal maka agamanya akan bersih, hatinya akan lembut, dan tidak akan terhalang doanya

Orang yang makan-makan halal dia akan termotivasi untuk melaksanakan ketaatan dan perbuatan baik yang bermaslahat bagi dirinya dan orang banyak. Tak hanya itu, memakan makanan yang halal dan dari sumber yang halal akan mendatangkan keberkahan dan mempermudah seseorang dalam memperoleh ilmu. Sebagaimana dikatakan dalam sebuah riwayat:

مَنْ أَكَلَ الْحَلَالَ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً، نَوَّرَ اللهُ قَلْبَهُ وَأَجْرَى يَنَابِيْعَ الْحِكْمَةِ مِنْ قَلْبِهِ عَلَى لِسَانِهِ

“Barangsiapa yang memakan makanan halal selama 40  hari, maka Allah akan menerangkan hatinya dan akan mengalirkan sumber-sumber ilmu hikmah dari hatinya pada lisannya.” (HR Abu Nu’aim). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement