Senin 12 Jun 2023 07:56 WIB

Benarkah Roh Orang Mukmin Doakan Keluarganya yang Berbuat Buruk?

Roh orang mukmin dapat melihat amal perbuatan keluarganya yang masih hidup.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi. Benarkah Roh Orang Mukmin Doakan Keluarganya yang Berbuat Buruk?
Foto: Pixabay
Ilustrasi. Benarkah Roh Orang Mukmin Doakan Keluarganya yang Berbuat Buruk?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Roh orang-orang mukmin ternyata dapat melihat amal perbuatan keluarganya yang masih hidup. Roh orang-orang mukmin juga akan mendoakan keluarganya yang masih hidup, tapi melakukan perbuatan buruk agar mendapat hidayah.

Keterangan ini dapat ditemukan pada kitab at Tadzkirah karya Imam Qurthubi.

Baca Juga

Dijelaskan bahwa amal perbuatan orang yang masih hidup itu diperlihatkan kepada keluarganya yang sudah meninggal. Apabila amal orang yang hidup itu penuh dengan amal keburukan, maka roh mukmin tersebut berdoa kepada Allah agar keluarganya itu segera diberi hidayah.

خرج الترمذي الحكيم في نوادر الأصول، قال : حدثنا أبي رحمه الله قال: حدثنا قبيصة عن سفيان عن أبان بن أبي عياش عن أنس قال: قال رسول الله ﷺ: إن أعمالكم تعرض على عشائركم وأقاربكم  من الموتى، فإن كان خيرا استبشروا، وإن كان غير ذلك قالوا: اللهم لا تمتهم حتى تهديهم لما هديتنا.

 

Artinya:

Menyebutkan At Tirmidzi Al Hakim dalam kitab Nawadir al Ushul. Ayahku berkata: Diriwayatkan dari Qubaishoh bin Sufyan dari Aban bin Abu 'Iyas dari Anas, berkata: Rasulullah SAW bersabda: 'Sesungguhnya amal-amal perbuatan kalian akan diperlihatkan kepada kerabat dekat dan keluarga kalian yang telah meninggal. Maka apabila melihat perbuatan baik mereka akan gembira, akan tetapi bila melihat selain itu (amal perbuatannya buruk) mereka akan berdoa: Ya Allah jangan Engkau mencabut nyawa mereka sampai mereka mendapat petunjuk dari-Mu, sebagaimana Engkau memberi petunjuk kepada kami.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement