Jumat 09 Jun 2023 09:31 WIB

7 Amalan di Hari Jumat Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad

Hari Jumat adalah hari di mana seorang Muslim bisa menambah banyak pahala.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Umat muslim memadati selasar masjid usai sholat di Masjid Raya Sheikh Zayed, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023).
Foto:

6. Perbanyak Sholawat

Dalam Zaadul Ma'aad, Ibnul Qayyim seperti dikutip dari Memburu Pahala di Hari Jumat'menyampaikan, mengucapkan dan memperbanyak sholawat itu dianjurkan pada hari Jumat.

Nabi Muhammad SAW adalah pemuka umat manusia. Sedangkan hari Jumat adalah pemuka hari-hari. Karena itu, bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW di hari Jumat memiliki keutamaan yang tidak dimiliki di hari lainnya.

Dalam riwayat Shafwan bin Sulaim secara mursal, disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: "Jika tiba hari Jumat atau malam Jumat, maka perbanyaklah shalawat kepadaku."

Dalam riwayat lain, dari Abu Masud Al-Anshary RA, Rasulullah SAW bersabda, "Perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari Jumat. Karena tidaklah seorang bershalawat kepadaku pada hari Jumat melainkan shawalatnya diperlihatkan kepadaku." (HR al-Hakim dan al-Baihaqi)

Dari Anas RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari Jumat dan malamnya. Karena siapa bershalawat satu kali kepadaku, maka Allah bershalawat kepadanya (merahmatinya) sepuluh kali." (HR al-Baihaqi)

7. Baca Surat Al Kahfi

Dianjurkan membaca Surat Al-Kahfi pada Jumat dan malamnya. Imam An-Nasa'i meriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada Jumat akan bercahaya selama masa antara dua hari Jumat."

8. Perbanyak Doa

Seorang Muslim disunnahkan berdoa pada siang dan malam Jumat. "Ada waktu di hari Jumat yang jika seorang Muslim melaksanakan sholat pada waktu itu sembari memohon sesuatu kepada Allah SWT, pasti diberi oleh-Nya." (HR Bukhari dan Muslim)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement