Kamis 08 Jun 2023 14:41 WIB

Ciri Fisik dan Karakter Nabi Muhammad SAW

Wajahnya bak rembulan, bersinar terang sebagaimana dikatakan oleh para sahabatnya.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Ciri Fisik dan Karakter Nabi Muhammad SAW
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Ciri Fisik dan Karakter Nabi Muhammad SAW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW memiliki ciri fisik yang begitu sempurna. Tidak ada gambar berkaitan dengan Nabi Yang Mulia, akan tetapi ciri fisik dan karakternya telah banyak digambarkan.

Dikutip dari buku Nabi Islam Muhammad SAW oleh Islamic Sciences and Research Academy of Australia, Nabi Muhammad berkulit putih kemerah-merahan, berparas tampan, siapa yang melihat beliau, niscaya ia akan menghormatinya dan mengagungkannya. Siapa yang bergaul dengannya pasti akan mencintainya.

Baca Juga

Wajahnya bak rembulan, bersinar terang sebagaimana dikatakan oleh para sahabatnya. Dahi dan matanya lebar, kedua matanya hitam, dan rambutnya pun hitam tidak keriting, namun juga tidak lurus, berjenggot tebal dan rapi. Ia tidak tinggi juga tidak pendek, berpostur tubuh sedang.

Beliau tidak gemuk, juga tidak berperut besar, tetapi perutnya hampir sama dengan dadanya, lurus. Berdada bidang dan bertubuh kekar dan kuat, jika berjalan dengan penuh energik, ia angkat kedua kakinya dan tidak menyeretnya di tanah. Jika ia menoleh kepada seseorang ia menoleh dengan semua badannya.

 

Beliau berkarakter penuh dengan ketenangan, mudah bergaul, tidak keras dan tidak mudah marah. Seorang sahabatnya, Anas bin Malik, pelayan Nabi selama 10 tahun, menyifatinya bahwa beliau adalah orang yang paling baik akhlaqnya, ia tidak pernah berkata "huss" selama Anas bersamanya.

Beliau sering tersenyum, bergurau dengan para sahabatnya, ia tidak bergurau kecuali dengan gurauan yang benar. Ia, Nabi Muhammad tidak berkata keji dalam perkataanya, juga tidak membuat-buat ucapan kekejian ataupun kejelekan, dalam perkataan dan perbuatannya. Ia pun bukan bersuara keras penuh dengan teriakan, tetapi ia adalah seorang yang disukai, berkarakter yang seimbang.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement