Kamis 08 Jun 2023 13:10 WIB

Nabi Muhammad Wafat Usai Turunnya Ayat ini

Nabi Muhammad merupakan teladan insan berbagai zaman.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi membaca ayat terakhir Alquran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ilustrasi membaca ayat terakhir Alquran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad Shallallahu wa sallam wafat pada usia 63 tahun usai 23 tahun berdakwah. Sebelum beliau wafat, turun ayat yang menyatakan agama islam telah sempurna, tidak perlu ditambahkan dan dikurangi.

Dikutip dari buku Nabi Islam Muhammad ﷺ oleh Islamic Sciences and Research Academy of Australia, Di Arafat turun ayat suci, QS. Al Maidah ayat tiga

Baca Juga

... اَ لۡيَوۡمَ اَكۡمَلۡتُ لَـكُمۡ دِيۡنَكُمۡ وَاَ تۡمَمۡتُ عَلَيۡكُمۡ نِعۡمَتِىۡ وَرَضِيۡتُ لَـكُمُ الۡاِسۡلَامَ دِيۡنًا‌...

"Pada hari ini telah Aku lengkapi agama kalian juga Aku sempurnakan nikmatKU kepada kalian, dan Aku ridho Islam menjadi agama kalian".

Tiga bulan dan beberapa hari setelah itu nabi wafat. Setelah berdakwah selama 23 tahun penuh dengan pengorbanan dan keimanan kepada Allah. Ia wafat di rumahnya, di kota Madinah setelah purna penyampaian risalah. Ia tidak meninggalkan harta kekayaan, tetapi ia tinggalkan Kitabullah dan sunnahnya sebagai warisan.

Dan sampai sekarang kitabullah, Alquran menerangi hati jutaan manusia di seluruh penjuru dunia hingga hari ini. Nabi Muhammad wafat pada hari senin, 12 Rabiul Awwal pada tahun 11 H (632 M) menurut riwayat yang lebih kuat.

Adapun pada usia 40 tahun Muhammad menerima wahyu dari Allah, Alquran Al Karim. Jibril datang kepadanya, Jibril mengajarinya firman Allah hingga Muhammad hafal. Lalu ia sampaikan kepada manusia, huruf demi huruf, kata demi kata tanpa ada yang kurang, pun tanpa penambahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement