Selasa 06 Jun 2023 22:44 WIB

Ciri-Ciri Istri yang Salehah, Adakah Padamu? 

Sebaik-baik perhiasan adalah istri salehah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Ciri-Ciri Istri yang Salehah, Adakah Padamu? Foto:  Ilustrasi Muslimah
Foto: Pixabay
Ciri-Ciri Istri yang Salehah, Adakah Padamu? Foto: Ilustrasi Muslimah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istri yang salehah dan berakhlak mulia merupakan salah satu faktor penting yang dapat membuat rumah tangga menjadi bahagia. Seorang istri yang salehah dan berakhlak akan dapat menjaga agamanya dan kehormatan suami serta keluarganya. Seperti apa ciri-ciri istri salehah itu?

Menukil sebuah hadits yang menjelaskan tentang beberapa ciri istri salehah : 

Baca Juga

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : مَااسْتَفَادَالْمُؤْمِنُ بَعْدَتَقْوَى اللَّهِ خَيْرًالَهُ مِنْ زَوْجَةٍ صَالِحَةٍ, إِنْ أَمَرَهَاأَطَاعَتْهُ وَاِنْ نَظَرَ إِلَيْهَا سَرَّتْهُ, وَاِنْ أَقْسَمَ عَلَيْهَاأَبَرَّتْهُ, وَاِنْ غَابَ عَنْهَا نَصَحَتْهُ فِى نَفْسِهَاوَمَالِهِ.  

 

 

Nabi Muhammad SAW bersabda: "Tidaklah memperoleh seorang Mukmin sesudah bertakwa kepada Allah sebuah kebaikan bagiannya daripada memperoleh Istri yang salehah. Apabila memerintah kepadanya maka ia taat pada suaminya, apabila suaminya melihatnya maka membahagiakan, apabila sumpah suaminya atas istrinya maka ia menuruti suaminya, apabila suaminya pergi maka ia menjaga dirinya dan harta suaminya," (HR. Ibnu Majah)

Dari hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa istri yang salehah yaitu adalah yang taat kepada suaminya. Selama suaminya tidak memerintahkan untuk berbuat maksiat dan dosa, maka wajib bagi seorang istri taat pada suaminya. Selain itu istri yang salehah adalah yang membuat bahagia ketika suaminya memandangnya. Istri salehah akan memberikan senyum terbaik dan penampilan terbaik ketika suaminya berada di rumah, akhlaknya pun baik kepada suami dan anak-anaknya. 

Dan ketika berbicara dengan suaminya, ia tidak mengeluarkan suara yang lebih tinggi dari suaminya. Istri yang salehah juga yang menuruti suaminya. Dan istri salehah itu mampu menjaga harga dirinya, kehormatan keluarganya, harta benda keluarganya terlebih yang khusus milik suaminya, ketika suaminya itu sedang tidak di rumah. 

Istri salehah tidak akan berselingkuh. Ia tidak akan berani memasukan lelaki asing ke dalam rumah ketika suaminya pergi. Istri salehah akan menjaga baik apa yang diamanatkan suaminya. Ia tidak akan menjual atau pun sekedar meminjamkan benda-benda milik suaminya kepada orang lain tanpa terlebih dulu mendapatkan izin dari suaminya. 

Maka dari itu istri yang salehah sangatlah berharga. Rasulullah SAW bersabda:

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَلدُّنْيَامَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِهَاالْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ.  

Nabi Muhammad SAW bersabda: "Dunia itu perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan adalah istri yang salehah" (HR Bukhari).

photo
Infografis Durasi Alquran diturunkan - (Dok Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement