Selasa 06 Jun 2023 15:42 WIB

Wasiat Nabi Muhammad Perihal Kaum Perempuan

Nabi Muhammad sangat memuliakan perempuan.

Rep: Mabruroh/ Red: Erdy Nasrul
Seorang wanita Muslim Kashmir berdoa di Masjid Jamia, masjid agung Srinagar.
Foto:

Di sini Rasulullah SAW menunjukkan cara bagaimana meluruskan akhlak seorang perempuan ketika mereka berbuat salah, menganjurkan para kaum lelaki untuk senantiasa melakukan cara-cara yang baik dalam meluruskan perilaku mereka yang menyimpang. Pun beliau mengajak kaum laki-laki untuk memahami hakikat kaum perempuan sebagai makhluk yang membutuhkan perhatian dan perlakuan yang sebaik-baiknya.

Rasulullah SAW tak lupa memberi kabar gembira kepada kaum lelaki akan adanya kebaikan pada kaum perempuan, dari Anas Bin Malik, diriwayatkan dalam sunnah Abu Daud, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang mempunyai anak perempuan kemudian ia tidak menguburnya hidup-hidup, lantas tidak pula memperlakukannya secara hina, dan menyayangi mereka sama halnya dengan anak lelaki, maka sungguh Allah akan memasukkannya ke dalam surga."

Beliau sampaikan semua amanat ini dalam kondisi bangsa Arab yang menganggap bahwa memiliki anak perempuan adalah aib dan beban, bahkan bagi mereka anak perempuan yang baru saja dilahirkan lebih layak untuk mati. Namun Rasulullah justru menjadikan kaum perempuan sebagai makhluk Tuhan paling indah di dunia, sebagaimana beliau sabdakan, "Dunia ini adalah perhiasan dan sebaik-baiknya perhiasan adalah isteri yang sholihah." Para kaum lelaki yang baik perlakuannya terhadap kaum perempuan adalah manusia-manusia termulia, dan kaum yang memperlakukan mereka secara terhormat adalah sebaik-baiknya kaum. Beliau bersabda, "Sebaik-baiknya kalian adalah yang berperilaku baik terhadap keluarganya, dan aku adalah contoh terbaik bagi kalian dalam memperlakukan keluarga."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement