Ahad 28 May 2023 04:33 WIB

Cara Melembutkan Hati Bagi Muslim

Memiliki hati yang lembut memberikan keuntungan bagi umat Islam di hari kiamat.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Seorang anak membaca Alquran. Cara Melembutkan Hati Bagi Muslim
Foto:

Cara Melembutkan Hati Bagi Muslim

1. Isilah Hati dengan Alquran

Pertama, Mohsen Haredy menyarankan agar selalu berkumpul dengan lingkaran pendidikan (halaqah). Dalam halaqah ini, cobalah hafalkan Alquran sebanyak-banyaknya. Selain itu, Anda juga dapat bergabung dengan halaqah tafsir Alquran, sehingga bisa memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang telah Anda pelajari dengan hati.

Jika Anda tidak dapat bergabung dengan halaqah apa pun karena suatu alasan atau lainnya, Anda dapat membaca Alquran atau sering mendengarkan bacaan Alquran orang tua.

2. Perbanyaklah berdzikir

Selalu ingatlah kepada Allah SWT di hari-harimu. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Kadang-kadang saya melihat tabir di hati saya, dan saya berdoa kepada Allah untuk pengampunan 100 kali dalam sehari.” (Muslim).

Ibnu Umar meriwayatkan Nabi juga bersabda, “Janganlah kamu terlalu banyak bicara kecuali ketika mengingat Allah. Berbicara berlebihan tanpa mengingat Allah akan mengeraskan hati, dan orang-orang yang paling jauh dari Allah adalah orang-orang yang hatinya keras.” (At-Tirmidzi).

Sementara, dalam Alquran juga menyinggung soal keutamaan berzikir, 

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوب

Artinya: "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram." (QS Ar Ra'd ayat 28).

3. Perbanyak doa kepada Allah untuk membantu Anda tetap teguh dalam hubungan dengan-Nya

An-Nawwas bin Saman Al-Kilabi berkata,

“Aku mendengar Rasulullah bersabda: ‘Tidak ada hati yang tidak berada di antara dua jari Yang Maha Penyayang. Jika Dia menghendaki, Dia membimbingnya dan jika Dia menghendaki, Dia menyesatkannya.' Rasulullah biasa berkata: 'Wahai Yang membuat hati teguh, jadikanlah hati kami teguh dalam mengikuti agama-Mu.' Dan dia berkata: 'Yang Skala ada di Tangan Yang Maha Penyayang; Dia akan membuat beberapa orang bangkit dan yang lain jatuh sampai hari Kebangkitan.'” (Ibnu Majah).

Nabi SAW berdoa: "Ya Allah! Pengendali hati, arahkan hati kami pada ketaatan-Mu.” (Muslim).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement