Jumat 26 May 2023 05:15 WIB

Kisah Ummu Salamah, Istri Nabi SAW yang Paling Terakhir Wafat

Dari pernikahannya, Ummu Salamah memiliki empat orang anak.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Suasana pemakaman para sahabat dan syuhada di Komplek Makam Baqi, Madinah.
Foto:

"Saya diberi ganti yang lebih baik dari pada Abu Salamah? Akupun tetap membacanya, kemudian Allah gantikan suami untukku (dengan) Muhammad SAW dan Allah berikan pahala untuk musibahku."

“Kemudian Rasulullah SAW menjadi pengganti Abu Salamah untuknya.” (HR. Muslim 918).

Ummu Salamah terkenal sebagai wanita cerdas, memberi saran suaminya dan mendukung dakwah suaminya. Lebih dari itu, beliau dikenal wanita yang menawan. Aisyah mengungkapkan isi hatinya terkait Ummu Salamah.

“Ketika Rasulullah SAW menikahi Ummu Salamah, aku sangat sedih sekali. Karena banyak orang menyebut kecantikan Ummu Salamah. Akupun mendekatinya untuk bisa melihatnya. Setelah aku melihatnya, demi Allah, dia jauh-jauh lebih cantik dan lebih indah dari apa yang aku bayangkan. Akupun menceritakannya kepada Hafshah, mereka sepakat, kata Hafshah, "Tidak perlu cemas, demi Allah, itu hanya karena bawaan cemburu." (Thabaqat Al-Kubro Ibn Sa'd, no. 9895)

Ummu Salamah sama seperti halnya Aisyah, seorang wanita yang cerdas. Ummu Salamah meriwayatkan sekitar 13 hadits yang terdapat dalam shahih Bukhari dan Muslim.

Ummu Salamah wafat tahun 59 H, ada yang mengatakan 62 H di usia 84 tahun. Ummu Salamah adalah istri Rasulullah SAW yang paling terakhir meninggal. Jenazah beliau dimakamkan di makam Baqi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement