Kamis 25 May 2023 08:00 WIB

Dulunya di Madinah Banyak Penyakit, Lalu Nabi Muhammad SAW Ucapkan Doa ini

Nabi Muhammad membacakan doa saat penduduk Madinah terjangkit banyak penyakit.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Dulunya di Madinah Banyak Penyakit, Lalu Nabi Muhammad SAW Ucapkan Doa ini. Foto:  Kota Madinah pada tahun 1202 H/ 1790 M (ilustrasi).
Foto: Ali Kazuyoshi Nomachi, Almadinah Al Munawarah
Dulunya di Madinah Banyak Penyakit, Lalu Nabi Muhammad SAW Ucapkan Doa ini. Foto: Kota Madinah pada tahun 1202 H/ 1790 M (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada kisah yang kerap luput dari perhatian banyak orang tentang sejarah kota Madinah di Arab Saudi. Kisah ini diriwayatkan dari Siti Aisyah RA.

Dalam riwayat itu, sebagaimana ada dalam terjemah kitab Shahih Muslim, Aisyah berkata, "Ketika kami baru tiba di Madinah, ternyata kota ini adalah kota banyak penyakit, sehingga Abu Bakar dan Bilal pun sakit."

Baca Juga

Kemudian ketika Rasulullah SAW melihat para sahabatnya banyak yang mengalami sakit, maka beliau SAW berdoa:

اللَّهُمَّ حَبِّبْ اِلَينَا المَدِيْنَةَ كَمَا حَبَّبْتَ مَكَّةَّ اَو اَشَدَّ وَ صَحِّحْهَا وَ بَارِكْ لَنَا فِى صَاعِهَا وَ مُدِّهَا وَحَوِّلْ حُمَّا هَا اِلَى الجُحْفَةِ

 

Latin:

Allahumma habbib ilaynal madiinata kamaa habbabta makkata aw asyadda wa shohhihhaa wa baarik lanaa shoo 'ihaa wa muddiha wa hawwil hummaa haa ilal juhfah

Artinya:

Ya Allah, jadikanlah Madinah kota yang kami cintai, seperti Engkau menjadikan Makkah kami cintai, bahkan lebih dari itu. Jadikanlah Madinah suatu kota yang sehat, dan berkatilah gantang dan takarannya (perekonomian) untuk kami, serta buanglah penyakitnya ke Juhfah. (HR Muslim)

Dalam riwayat lain, dari Sahal bin Hunaif RA, dia berkata bahwa Rasulullah SAW pernah menunjuk dengan tangannya ke Madinah, sambil beliau bersabda, "Sesungguhnya Madinah itu adalah sebuah Tanah Haram yang aman." (HR Muslim)

Diriwayatkan pula dari Jabir RA, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Nabi Ibrahim AS menjadikan kota Makkah sebagai Tanah Haram, dan aku pun menjadikan kota Madinah sebagai Tanah Haram, yaitu antara kedua bukitnya yang berbatu-batu hitam itu. Karena itu, jangan dipotong pohon-pohonnya dan jangan dibunuh hewan buruannya." (HR Muslim)

Dari Abdullah bin Zaid ibnu Ashim RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Nabi Ibrahim AS membangun kota Makkah menjadi Tanah Haram, dan mendoakan kemakmuran untuk penduduknya. Aku membangun kota Madinah menjadi Tanah Haram sebagaimana Nabi Ibrahim mengharamkan Kota Makkah dan mendoakan kemakmuran untuk penduduknya sebagaimana Nabi Ibrahim mendoakan penduduk Makkah." (HR Muslim)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement