Sabtu 20 May 2023 22:00 WIB

Keutamaan Bulan Zulkaidah

Bulan Zulkaidah memiliki keutamaan.

Rep: Febryan A/ Red: Muhammad Hafil
 Keutamaan Bulan Zulkaidah. Foto:  Ilustrasi ibadah di rumah.
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Keutamaan Bulan Zulkaidah. Foto: Ilustrasi ibadah di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Bulan Zulkaidah merupakan satu dari empat bulan haram (mulia). Bulan ke-11 dalam kalender Hijriyah ini merupakan salah satu bulan pelaksanaan ibadah haji dan dilarang berperang dalam bulan ini.

Zulkaidah diyakini sebagai bulan haram dengan mengacu pada firman Allah dan sabda nabi. Allah berfirman "di antaranya empat bulan haram" (At-Taubah:36).

Baca Juga

 

"Nabi Muhammad menafsirkan ayat ini dalam hadis Abu Bakar ra. bahwa yang dimaksud adalah bulan Zulkaidah, Zulhijah, Muharam, dan Rajab," tulis Abdurrahman Ahmad As-Sirbuny dalam 12 Bulan Mulia.

Sebagai bulan yang mulia, Zulkaidah memiliki sejumlah keutamaan. Pertama, sebagai bulan pelaksanaan ibadah haji dan dilarangnya berperang.

 

Zulkaidah menjadi salah satu bulan pelaksanaan haji sebagaimana difirmankah Allah. "Ibadah haji itu dilakukan pada bulan-bulan yang sudah diketahui" (Al-Baqarah:197).

Guna melancarkan ibadah haji tersebut, peperangan pun dilarang selama bulan Zulkaidah. "Dinamai Zulkaidah karena pada bulan itu orang-orang Jahiliah dahulu hanya duduk-duduk, tidak mengadakan peperangan," tulis As-Sirbuny (hlm. 171).

 

Doktor Ilmu Alquran dan Tafsir, Muhammad Hariyadi, dalam esainya untuk Republika (6/9/2013) menjelaskan hal ini dengan menukil pernyataan Ibnu Katsir. Disebutkan pemuliaan dan larangan berperang Dzulqadah setali dengan dua bulan setelahnya, yakni Dzulhijjah dan Muharram.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement