Sabtu 20 May 2023 14:30 WIB

Dilakukan di Bulan Zulkaidah, Ini 10 Isi Perjanjian Hudaibiyah dan Sejarahnya 

Perjanjian Hudaibiyah dilakukan di bulan Zulkaidah.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
 Dilakukan di Bulan Zulkaidah, Ini 10 Isi Perjanjian Hudaibiyah dan Sejarahnya. Foto:  Masjid Hudaibiyah
Foto:

3.      Keduanya telah berjanji untuk mengakhiri peperangan atas seluruh manusia selama sepuluh tahun. Pada masa itu orang-orang mendapatkan keamanan dan sebagian mereka menahan (menjaga jangan sampai berperang) atas sebagian yang lain.

4.      Bahwa barangsiapa mendatangi kota Makkah dari kalangan sahabat Muhammad, baik itu untuk berhaji ataupun berumrah atau mencari karunia Allah, maka ia aman pada darah dan hartanya. Dan barangsiapa yang mendatangi kota Madinah dari kalangan kaum Quraisy untuk menyeberang ke Mesir atau ke Syam atau untuk mencari karunia Allah, maka ia aman pada darah dan hartanya.

5.      Bahwa barang siapa mendatangi Muhammad dari kalangan kaum Quraisy tanpa seizin walinya, maka ia harus dikembalikan kepada mereka. Dan barangsiapa mendatangi kaum Quraisy dari kalangan orang-orang yang bersama Muhammad, maka mereka tidak berkewajiban mengembalikannya kepada Muhammad.

6.      Bahwa di antara kita berkewajiban untuk saling tahan menahan. Dan bahwa kedua belah pihak tidak boleh mencuri dengan sembunyi-sembunyi dan tidak boleh saling mencederai dan mengkhianati.

7.      Bahwa barangsiapa yang suka untuk masuk ke dalam pengukuhan dan perjanjian Muhammad, maka silahkan masuk. Dan barangsiapa yang suka untuk masuk ke dalam pengukuhan dan perjanjian kaum Quraisy, maka silahkan masuk. Kemudian orang-orang bani Khuza'ah melompat berdiri seraya berkata: Kami berada dalam pengukuhan dan perjanjian Muhammad. Sementara orang-orang bani Bakar melompat berdiri seraya berkata, "Kami berada dalam pengukuhan dan perjanjian kaum Quraisy."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement