Selasa 16 May 2023 23:09 WIB

Apa yang Dimaksud Sholatnya Orang-Orang Tobat atau Awwabin? Ini 3 Pendapat Ulama 

Sholat Awwabin atau sholat orang-orang yang tobat sangat dianjurkan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi sholat. Sholat Awwabin atau sholat orang-orang yang tobat sangat dianjurkan
Foto: REPUBLIKA
Ilustrasi sholat. Sholat Awwabin atau sholat orang-orang yang tobat sangat dianjurkan

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA— Awwab bermakna orang yang kembali atau bertobat kepada Allah SWT. Sedangkan sholat awwabin adalah shalatnya orang-orang yang bertobat kepada Allah SWT.

Mengutip buku 33 Macam Jenis Sholat Sunnah tulisan Muhammad Ajib menjelaskan para ulama berbeda pendapat mengenai hakikat dari sholat awwabin. Setidaknya ada tiga pendapat dari para ulama.

Baca Juga

Pertama, sholat dhuha

Mayoritas ulama mengatakan bahwa sholat awwabin itu adalah nama lain dari sholat Dhuha. Jadi ketika kita sholat dhuha maka itu juga bisa disebut sebagai sholat awwabin.

النهار ربع قال الجمهور : هي صلاة الضحى، والأفضل فعلها بعد إذا اشتد الحر. واستدلوا بحديث النبي صلى الله عليه وسلم: صلاة الأوابين حين ترمض الفصال. رواه مسلم. الموسوعة الفقهية الكويتية (27/ 134)

Jumhur ulama mengatakan bahwa sholat awwabin adalah sholat dhuha. Afdhalnya dikerjakan setelah seperempat waktu siang berlalu, yaitu ketika sinar matahari mulai menyengat. Para ulama berhujjah dengan hadits Nabi shallallahu alaihi wasallam:

صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ إِذَا رَمِضَتِ الْفِصَالُ "Sholat awwabin adalah sholat ketika anak unta mulai kepanasan." (HR Muslim).

Baca juga: 7 Daftar Kontroversi Panji Gumilang Pimpinan Al Zaytun yang tak Pernah Tersentuh

Kedua, sholat enam rakaat

Sebagian ulama lainnya mengatakan bahwa sholat awwabin adalah sholat sunnah enam rakaat yang dikerjakan antara maghrib dan isya.

Biasanya ketika kita sholat di masjid atau mushola ada beberapa orang setelah sholat maghrib dan setelah sholat sunnah badiyah maghrib dia sholat sunnah lagi sampai enam rakaat. 

Menurut sebagian ulama sholat enam rakaat inilah yang disebut dengan sholat awwabin. Imam asy-Syirbini rahimahullah (w 677 H) seorang ulama besar dalam Madzhab Syafii menyebutkan dalam kitabnya sebagai berikut:

ومنها صلاة الأوابين وتسمى صلاة الغفلة لغفلة الناس عنها بسبب عشاء أو نوم أو نحو ذلك، وهي ست ركعات بين المغرب والعشاء لحديث الترمذي أنه - صلى الله عليه وسلم - قال: «من صلى ست ركعات بين المغرب والعشاء كتب له عبادة اثنتي عشرة سنة يصليها ألفاظ وقال الماوردي: كان النبي - صلى الله عليه وسلم . ويقول هذه صلاة الأوابين». مغني المحتاج إلى معرفة معاني - المنهاج (1/ 458)

Sholat awwabin disebut juga sholat ghaflah (lalai) sebab banyak orang-orang melalaikannya karena sibuk makan malam, tidur dan lain-lain. Sholat awwabin itu adalah sholat enam rakaat antara maghrib dan isya. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement