Selasa 16 May 2023 22:51 WIB

Doa Keluar dari Rumah, Mengapa Dikategorikan Dzikir yang Utama?

Islam menganjurkan berdoa ketika keluar dari rumah

Rep: Andrian Saputra, Mabruroh      / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi keluar rumah. Islam menganjurkan berdoa ketika keluar dari rumah
Ilustrasi keluar rumah. Islam menganjurkan berdoa ketika keluar dari rumah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Rumah yang dihiasi dengan lantunan ayat-ayat Alquran oleh penghuninya, digunakan sebagai tempat bersujud dan berdzikir kepada Allah SWT serta bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW, maka akan mendatangkan kenyamanan bagi para penghuninya. 

Mereka akan mendapatkan rahmat dan keberkahan dalam rumah itu sehingga berdampak pada keluarga yang harmonis.  

Baca Juga

Dan salah satu hal sederhana yang sering dilupakan orang agar mendatangkan keberkahan, kenyamanan, kedamaian dan menjauhkan semua keburukan di rumah adalah membaca doa ketika mau masuk ke dalam rumah. 

Minimal dianjurkan membaca basmalah dan mengucap salam. Namun lebih utamanya membaca doa berikut:  

اللَّهُمَّ إِنِّي أسألُكَ خَيْرَ المَوْلِجِ وَخَيْرَ المَخْرَجِ باسْمِ اللَّهِ وَلجْنا وباسْمِ اللَّهِ خَرَجْنا وَعَلى اللَّهِ رَبِّنا تَوَكَّلْنا

Allahumma inny asaluka khoirol maulaji wa khoirol makhroj Bismillahi walajna wa Bismillahi khorojna wa 'alallahi ranbana tawakkalna

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadaMu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar. Dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar, dan kepada Allah, Rabb kami, kami bertawakal." 

Begitupun ketika akan keluar rumah, terlebih dulu dianjurkan untuk berdoa agar ketika keluar rumah diberikan naungan dan keselamatan. Dijauhkan dari melangkah ke tempat-tempat maksiat, dan dijauhkan dari godaan setan. Berikut doanya:

بِسْم اللَّهِ توكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، وَلا حوْلَ وَلا قُوةَ إلاَّ بِاللَّهِ

Bismillahi tawakaltu 'alallahi walaa haula walaa quweata Illa billah

Artinya: "Dengan nama Allah (aku keluar,) aku bertawakal kepada Allah tiada daya dan upaya melainkan dengan izin Allah."

Baca juga: Mualaf Theresa Corbin, Terpikat dengan Konsep Islam yang Sempurna Tentang Tuhan

Keutamaan doa dan dzikir 

Mengutip pernyataan Imam Ibnu Qayyim dalam kitabnya, Madarij as-Salikin, di antara keutamaan dzikir yang dilakukan secara rutin dan istiqamah adalah sebagai berikut:   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement