Selasa 16 May 2023 23:09 WIB

Apa yang Dimaksud Sholatnya Orang-Orang Tobat atau Awwabin? Ini 3 Pendapat Ulama 

Sholat Awwabin atau sholat orang-orang yang tobat sangat dianjurkan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi sholat. Sholat Awwabin atau sholat orang-orang yang tobat sangat dianjurkan
Foto:

Sebab ada hadits riwayat Imam at-Tirmidzi bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَلَّى بَعْدَ الْمَغْرِبِ سِتَّ رَكَعَاتٍ ، لَمْ يَتَكَلَّمْ فِيمَا بَيْنَهُنَّ بِسُوءٍ ، عُدِلْنَ لَهُ بِعِبَادَةِ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ سَنَةً 

“Siapa yang sholat enam rakaat antara maghrib dan isya maka dicatat baginya ibadah selama 12 tahun.” 

Imam al-Mawardi mengatakan bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam melakukannya dan mengatakan ini adalah sholat awwabin.

Ketiga, sholat 20 rakaat

Sebagian ulama lain ada juga yang mengatakan bahwa sholat awwabin adalah sholat sunnah 20 rakaat yang dikerjakan antara maghrib dan isya.

Imam ar-Ramli 106 rahimahullah (w. 1004 H) seorang ulama besar Madzhab Syafii menyebutkan sebagai berikut:

وصلاة الأوابين وهي عشرون ركعة بين المغرب والعشاء، ورويت ستا وأربعا وركعتين فهما أقلها نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج (2)

Sholat awwabin adalah sholat 20 rakaat antara maghrib dan isya. Ada juga riwayat menyebutkan enam rakaat, empat rakaat, dan dua rakaat. Ini jumlah minimalnya. 

Baca juga: Mualaf Theresa Corbin, Terpikat dengan Konsep Islam yang Sempurna Tentang Tuhan

Syekh Zainuddin al-Malibari rahimahullah (w 87 H) juga menyebutkan hal yang sama dalam kitabnya Fath al-Mu'iin sebagai berikut.

ومنه صلاة الأوابين وهي عشرون ركعة بين المغرب والعشاء ورويتستا وأربعا وركعتين وهما الأقل. فتح المعين بشرح قرة العين بمهمات

الدين (ص: 165)

“Di antara sholat sunnah adalah sholat awwabiin. Yaitu 20 rakaat antara sholat maghrib dan isya'. Ada juga riwayat 6 rakaat, 4 rakaat dan 2 rakaat. Yang ini rakaat paling sedikit.” 

Bahkan Syekh Abu Bakr AL-Bakri ad-Dimyati (w  1310 H) juga menyebutkan sebuah riwayat bahwa orang yang mengerjakan sholat awwabin 20 rakaat maka akan dibangunkan rumah di surga. Misalnya hadits yang diriwayatkan Imam Ibnu Majah di bawah ini:

عن عائشة رضي الله عنها قالت قال رسول الله صلى الله عليه الله له بيتا بنی وسلم: "من صلى بين المغرب والعشاء عشرين ركعة : في الجنة». رواه ابن ماجه.

 

Dari Aisyah radhiyallahu 'anha berkata, “Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Barang siapa sholat 20 rakaat antara maghrib dan isya maka Allah akan membangunkan rumah baginya di surga.” (HR Ibnu Majah) 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement