Rabu 10 May 2023 20:00 WIB

Peringatan Rasulullah Bagi Suami yang Telantarkan Anak Istri

Suami yang telantarkan anak istri termasuk perbuatan dosa.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Peringatan Rasulullah Bagi Suami yang Telantarkan Anak Istri. Foto: Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad
Foto: Dok Republika
Peringatan Rasulullah Bagi Suami yang Telantarkan Anak Istri. Foto: Ilustrasi kaligrafi Nabi Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang suami  wajib menanggung sandang, pangan, papan daripada orang-orang yang menjadi tanggungan nafkahnya yaitu istri dan anak-anak. Jangan sampai seorang suami teledor dalam menafkahi istri dan anak-anaknya.

Misalnya gaji atau keuntungan usaha suami tidak diberikan untuk menafkahi istri dan anak-anak. Atau suami tidak berusaha sama sekali untuk bekerja demi menafkahi anak istri, suami menelantarkan istri dan anak-anak sehingga mereka sengsara dan mengandalkan bantuan orang lain.

Baca Juga

Maka kondisi seperti ini, yaitu suami yang teledor atau menelantarkan istri dan anaknya dengan tidak menafkahinya maka sejatinya suami itu tengah melakukan perbuatan dosa.

Sebagaimana dalam kitab at Targhib wat Tarhib menukil sebuah hadits:

 

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : كَفَى بِالْمَرْءِاِثْمًاأَنْ يُضَيِّعَ مَنْ يَقُوْتُ رَوَاهُ أَبُوْدَاوُدَوَالنَّسَائِ- وَفِى رِوَايَةٍ مِنْ يَعُوْلُ.

Rasulullah ﷺ bersabda: Cukuplah orang itu dosanya yang menyia-nyiakan orang yang menjadi tanggungannya (HR. Abu Dawud) dalam riwayat lain : orang yang dia tanggung,"

Maka dari itu setiap orang itu memiliki kewajiban terhadap apa yang diamanatkan padanya. Karena pada dasarnya setiap individu itu adalah pemimpin yang mempunyai tanggung jawab terhadap apa yang dipimpinnya.

Seorang suami dia menjadi pemimpin dari keluarganya. Dia memiliki tanggungjawab untuk memastikan kebutuhan jasmani dan rohani istri dan anak-anaknya terpenuhi.

Sebab peran lelaki sebagai suami akan dimintai pertanggungjawaban di yaumil hisab. Sama halnya, seorang istri pun akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya dalam memanajemen keluarga, mengasuh anak-anak dan lainnya.

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  :كُلُّكُمْ رَاعٍ وَمَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ اَلْاِمَامُ رَاعٍ وَمَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِى أَهْلِهِ وَمَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالْمَرْاَةُ رَاعِيَةٌ فِى بَيْتِ زَوْجِهَاوَمَسْئُوْلَةٌ عَنْ رَعِيَّتِهَا وَالْخَادِمُ رَاعٍ وَمَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ.

Rasulullah ﷺ bersabda: Setiap kalian semua itu ibaratnya orang yang memimpin gembalaan, dan akan ditanya tentang kepemimpinannya. Kepala negara, itu adalah pemimpin dan akan ditanya mengenai rakyatnya. Orang lelaki (suami) adalah pemimpin bagi keluarganya dan akan ditanya mengenai kepemimpinannya. Orang perempuan (istri) adalah pemimpin dalam rumah tangga suaminya dan akan ditanya mengenai kepemipinannya. Pembantu (rumah tangga) adalah pemimpin dan akan ditanya mengenai kepemimpinannya.” (HR. Bukhari, Muslim dan lainnya).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement