Jumat 14 Apr 2023 15:18 WIB

10 Alasan Wanita Sebaiknya Menggunakan Jilbab

Ada alasan wajib di balik seorang wanita menggunakan jilbab.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/Nursyamsi/ Red: Muhammad Hafil
 10 Alasan Wanita Sebaiknya Menggunakan Jilbab. Foto: Gadis-gadis Muslimah berjilbab, anggun dan salehah. (ilustrasi)
Foto: wordpress.com
10 Alasan Wanita Sebaiknya Menggunakan Jilbab. Foto: Gadis-gadis Muslimah berjilbab, anggun dan salehah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Isu larangan penggunaan jilbab bagi pekerja di lingkungan PT Sarinah (Persero) mengemuka belakangan ini. Kabar soal adanya larangan menggunakan datang dari Politikus Gerindra Andre Rosiade saat rapat dengan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo pekan ini. 

Namun, informasi itu sudah dibantah oleh Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati. Dia mengatakan BUMN yang menjadi etalase produk lokal tersebut tidak pernah melarang karyawannya untuk mengenakan atribut keagamaan dalam bekerja.

Baca Juga

"Kami klarifikasi, di Sarinah tidak ada ketentuan, aturan, atau larangan menggunakan hijab/jilbab untuk bekerja," ujar Fetty saat dihubungi Republika.co.id di Jakarta, Jumat (14/4/2023).

 

 

Terlepas dari informasi dari Andre Rosiade dan klarifikasi Dirut Sarinah tersebut, pembaca perlu mengetahui tentang sebaiknya berhijab bagi muslimah yang sudah baligh.

Ada 10 alasan utama seorang muslimah sebaiknya berhijab. Laman aboutislam.net merangkumnya agar menjadi perhatian bagi muslimah yang telah akil baligh.

Pertama, hijab hukumnya wajib bagi seorang wanita yang telah baligh. Allah ﷻ berfirman dalam surat Al Ahzab ayat 59: 

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Mahapengampun lagi Mahapenyayang.”    

Kedua, segala sesuatu yang Allah ﷻ perintahkan dan minta kita lakukan adalah untuk kepentingan kita sendiri, termasuk berhijab. 

Ketiga, berjilbab merupakan hal yang paling dicintai di mana seorang muslimah dapat mencari Allah ﷻ dengan rendah hati dan tulus mengikuti petunjuk-Nya. 

Keempat, Hijab bukan tentang sekadar melindungi wanita dari laki-laki. Hijab disebutkan dalam surat An Nur  dan itu terkait dengan nama Allah ﷻ yaitu an Nur. Jilbab adalah tindakan iman, inilah sebabnya Allah ﷻ berbicara kepada wanita yang beriman ketika Dia memerintahkannya. 

Kelima, hijab membuat wanita merasa kuat dan berdaya. Keenam, dengan berjilbab seorang Muslim tidak serta merta harus mengikuti masyarakat, mode atau apa yang orang anggap cantik dan modis. 

Ketujuh, saat mengenakan jilbab yang tepat, orang tidak sekadar memperhartikan penampilan, melainkan oleh kecerdasan, bakat, dan apa yang wanita katakan. 

Kedelapan, tubuh wanita adalah  amanah, kita hanya hidup di tubuh ini sementara, jadi wanita harus memperlakukannya seperti yang diperintahkan Pemiliknya, Allah ﷻ. 

Kesembilan, wanita diminta untuk berpakaian sopan dan berperilaku sopan, dan pria diminta untuk menurunkan pandangan dan berperilaku sopan. 

Kesepuluh, mengenakan hijab dari sisi wanita, dan menundukkan pandangan dari sisi pria adalah keseimbangan. Ini seperti mengatur hidup kita dengan cara yang membuatnya lebih fokus, bermartabat dan produktif.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement