Rabu 12 Apr 2023 21:27 WIB

2 Fakta Terkait Nur Muhammad SAW Setelah Diciptakan dalam Kitab Daqaiq Al-Akhbar

Allah SWT menciptakan nur Muhammad SAW sebelum alam semesta

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Rasulullah SAW. Allah SWT menciptakan nur Muhammad SAW sebelum alam semesta
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Rasulullah SAW. Allah SWT menciptakan nur Muhammad SAW sebelum alam semesta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Setelah Allah SWT menciptakan nur Nabi Muhammad SAW  di dalam suatu tabir (hijab/tirai) dari intan mutiara yang putih seperti burung merak (at-thuwas), maka ada dua fakta selanjutnya yang menarik. 

Syekh Abdurrahim bin Ahmad Al Qhady dalam kitabnya yang berjudul Daqaiq al-akhbar tepatnya pada bab awal tentang penciptaan ruhul a'zham atau ruh yang agung yakni nur nabi Muhammad SAW menjelaskan dua fakta tersebut yaitu: 

Baca Juga

Pertama, sujudnya nur Nabi Muhammad sebanyak lima kali sehingga menjadikan kewajiban sholat lima waktu bagi Nabi Muhammad SAW dan umatnya.  

Kedua, setelah itu Allah SWT memandang nur Nabi Muhammad SAW sehingga berkeringatlah nur nabi Muhammad SAW karena malu kepada Allah SWT. 

 

Dari keringat nur Nabi Muhammad SAW itu Allah SWT menciptakan makhluk lainnya. Di antaranya malaikat, arsy, kursy, lauh mahfuzh, qalam, matahari, bulan, para nabi dan rasul, ulama dan lainnya.  

ثم نظر الله تعالى إلى ذلك النور مرة أخرى فعرق حياء من الله تعالى فمن عرق أنفه خلق الله الملائكة ومن عرق وجهه خلق العرش والكرسي واللوح والقلم والشمس والقمر والحجب والكواكب وما كان فى السماء ومن عرق صدره خلق الأنبياء والمرسلين والعلماء والشهداء والصالحين ومن عرق ظهره خلق الله البيت المعمور والكعبة وبيت المقدس  وموضع المساجد فى الدنيا ومن عرق حاجبيه خلق أمة محمد من المؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات ومن عرق أذنيه خلق أرواح اليهود والنصارى والمجوس وما أشبه ذلك من الملحدين والجاحدين والمنافقين ومن عرق رجليه خلق الأرض من الشرق الى المغرب وما فيها 

“Kemudian Allah ta'ala melihat sekali lagi kepada nur Nabi Muhammad, maka berkeringat nur nabi Muhammad karena malu kepada Allah ta'ala. Maka dari keringat hidung nur nabi Muhammad, Allah menciptakan malaikat. Dan dari keringat wajah nur nabi Muhammad, Allah menciptakan arasy, kursiy, lauh mahfuzh, qolam, matahari, bulan, hijab, bintang-bintang, dan segala yang ada di langit.

Dan dari keringat dadanya nur Nabi Muhammad, Allah menciptakan para nabi, para rasul, ulama, syuhada, dan orang-orang saleh. Dan dari keringat punggungnya nur Nabi Muhammad SAW, Allah SWT menciptakan Baitul Makmur, Ka'bah, Baitul Maqdis, dan beberapa masjid di dunia. Dan dari keringat dua alis nur Nabi Muhammad SAW, Allah SWT menciptakan umat Nabi Muhammad dari mukminin, mukminat, Muslimin, Muslimat. 

Baca juga: Yang Terjadi Terhadap Tentara Salib Saat Shalahuddin Taklukkan Yerusalem

Dan dari keringat dua telinga nur Nabi Muhammad, Allah SWT menciptakan ruhnya orang-orang Yahudi dan orang-orang Nasrani dan orang-orang Majusi, dan yang menyerupai mereka dari orang-orang yang tak punya tuhan (atheis) dan orang-orang yang tak tahu terimakasih, dan orang-orang munafik. 

Dan dari keringat dua kakinya nur Nabi Muhammad SAW, Allah SWT menciptakan bumi dari Timur hingga Barat dan apa-apa yang ada di dalam bumi. (Kitab Daqaiq al-Akhbar pada al-Babu Awwalu Fi Khalqi Ruhi al-A'dzomi)

Setelah itu Allah SWT memerintahkan nur Muhammad SAW untuk melihat di sekelilingnya. Maka nur Muhammad SAW melihat di belakangnya, di depannya, di kirinya, di kanannya, ada nur. 

Nur-nur yang mengelilingi nur Muhammad SAW itu adalah nur sahabatnya nabi Muhammad SAW di dunia yaitu Abu Bakar ash Shidiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib. Wallahu'alam      

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement