Sabtu 22 Apr 2023 00:05 WIB

Bagaimana Bentuk Sangkakala Malaikat Israfil yang Ditiup Saat Kiamat?

Bulatan sangkakala seluas langit dan bumi.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Bagaimana Bentuk Sangkakala Malaikat Israfil yang Ditiup Saat Kiamat?
Foto: republika
Bagaimana Bentuk Sangkakala Malaikat Israfil yang Ditiup Saat Kiamat?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiupan sangkakala malaikat Israfil pada hari kiamat akan membuat seluruh makhluk di jagat raya terkejut. Para jumhur ulama berpendapat tiupan sangkakala terjadi dua kali. Ada juga yang berpendapat tiga kali tiupan. 

وَيَوْمَ يُنْفَخُ فِى الصُّوْرِ فَفَزِعَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ اِلَّا مَنْ شَاۤءَ اللّٰهُ ۗوَكُلٌّ اَتَوْهُ دٰخِرِيْنَ

Baca Juga

"Dan (ingatlah) pada hari (ketika) sangkakala ditiup, maka terkejutlah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri," (Alquran surat An Naml ayat 87).

Para ulama berpendapat tiupan pertama disebut nafkhah assa'q akan menyebabkan semua makhluk mati, kecuali yang dikehendaki Allah SWT. Dan pada tiupan sangkakala yang kedua disebut nafkhah al ab's atau tiupan kebangkitan, semua manusia akan dibangkitkan dari alam kubur. 

 

وَنُفِخَ فِى الصُّوْرِ فَصَعِقَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ اِلَّا مَنْ شَاۤءَ اللّٰهُ ۗ ثُمَّ نُفِخَ فِيْهِ اُخْرٰى فَاِذَا هُمْ قِيَامٌ يَّنْظُرُوْنَ  ;

"Dan sangkakala pun ditiup, maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sekali lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah)." (Az-Zumar 68).

وَنُفِخَ فِى الصُّوْرِ فَاِذَا هُمْ مِّنَ الْاَجْدَاثِ اِلٰى رَبِّهِمْ يَنْسِلُوْنَ

"Lalu ditiuplah sangkakala, maka seketika itu mereka keluar dari kuburnya (dalam keadaan hidup), menuju kepada Tuhannya." (Yasin ayat 51).

Seperti apa sangkakala malaikat Israfil?

Dalam sebuah hadits disebutkan bentuk as shur atau sangkakala yang ditiup oleh malaikat Israfil adalah tanduk yang ditiup. Sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan melalui jalur Abdullah bin 'Amru bin Al 'Ash:

حَدَّثَنَا سُوَيْدُ بْنُ نَصْرٍ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ أَخْبَرَنَا سُلَيْمَانُ التَّيْمِيُّ عَنْ أَسْلَمَ الْعِجْلِيِّ عَنْ بِشْرِ بْنِ شَغَافٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ قَالَ جَاءَ أَعْرَابِيٌّ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا الصُّورُ قَالَ قَرْنٌ يُنْفَخُ فِيهِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ وَقَدْ رَوَى غَيْرُ وَاحِدٍ عَنْ سُلَيْمَانَ التَّيْمِيِّ وَلَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ حَدِيثِهِ

"Telah menceritakan kepada kami Suwaid bin Nashr telah mengabarkan kepada kami 'Abdulah bin Al Mubarak telah mengabarkan kepada kami Sulaiman At Taimi dari Aslam Al 'Ijli dari Bisyr bin Syaghaf dari Abdullah bin 'Amru bin Al 'Ash berkata, Seorang Badui mendatangi Nabi ﷺ, ia berkata, Apa itu sangkakala? Beliau menjawab, "Tanduk yang ditiup." Berkata Abu Isa: Hadits ini hasan dan beberapa perawi meriwayatkan dari Sulaiman At Taimi, kami hanya mengetahuinya dari hadits Sulaiman." (HR Tirmidzi).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement