Jumat 17 Mar 2023 18:07 WIB

5 Kisah Ini Tunjukkan Kebiasaan Ulama Berziarah Kubur Para Wali Allah SWT

Ziarah kubur merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Nashih Nashrullah
Foto:

Kelima, Ibnu al-Jauzi al-Hanbali (w 97 H) ziarah makam Imam Ahmad bin Hanbal (w 241 H). Dalam kitab Dzail Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Rajab al-Hanbali (w 795 H) menceritakan suatu ketika Ibnu al-Jauzi (w 597 H) berkata:

قال: وتكلمت في جامع المنصور هذه الأيام. فبات ليلته في الجامع خلق كثير. وختمت الختمات واجتمع الناس بكثرة. فحرز الجمع بمائة ألف. وتاب خلق كثير. وقطعت شعورهم،بخمسة آلاف

“Saya berbicara di al Jami (masjid) al-Manshur hari-hari ini. Banyak orang menginap disitu, mereka juga mengkhatamkan Alquran berkali- kali Orang-orang bertambah banyak, hingga sampai seratus ribuan orang Banyak yang bertobat disana. Lalu saya turun dari masjid dan menuju kuburan Imam Ahmad bin Hanbal, Orang- orang banyak yang mengikuti saya, sampai sekitar lima ribuan orang.

Beliau beserta sekitar lima ribuan jamaahnya ziarah ke makam Imam Ahmad bin Hanbal (w 241 H) di Baghdad, di pekuburan Bab Harb di Daerah Harbiyyah. Kuburan Imam Ahmad ini memang banyak yang menziarahinya, sebagaimana dikatakan oleh sejarawan Ibnu Khallikan.”  (w  681 H)

Hal ini memberikan gambaran kepada kita bahwa makam Imam Ahmad bin Hanbal memang diziarahi umat Muslim, Imam Ibnu al-Jauzi (w. 597 H) dan para jamaahnya juga berziarah kesana.” 

Baca juga: Muhammadiyah Resmi Beli Gereja di Spanyol yang Juga Bekas Masjid Era Abbasiyah

Ibnu Khallikan al-Barmaki al-Irbili Ahmad bin Muhammad, (Beirut: Daar as-Shadir, 1900 M), beliau tuliskan dalam buku Shaidu al-Khatsir:

السلف جليسها ولتكن وليجعل خلوته أنبسه، والنظر في سيراله وظيفة من زيارة قبور الصالحين والخلوة بها

 

Dan sebaiknya seorang itu membiasakan diri menyendiri (khalwat), sering membaca telaoan- teladan para ulama salaf. Sebaiknya seorang juga membiasakan diri untuk ziarah ke kuburan orang- orang shalih dan berkhalwat disana.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement