Ahad 12 Mar 2023 19:25 WIB

7 Cara Pandang Islam Menempatkan Kemuliaan Wanita dan Memandang Isu Gender

Wanita mempunyai kedudukan yang mulia dalam Islam

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Muslimah. Wanita mempunyai kedudukan yang mulia dalam Islam
Foto:

Keempat, Alquran menegaskan bahwa lelaki dan wanita diciptakan dari sumber yang sama. Yaitu tanah (turaab). Kalaupun ada pendapat yang mengatakan bahwa wanita diciptakan dari tulang rusuk lelaki, itu adalah penafsiran. 

Hadits menyebut dengan dua versi. Ada penyebutan dari tulang rusuk. Tapi ada juga dengan sebutan seperti tulang rusuk.  

Kelima, bahkan dalam beberapa hadits Rasulullah wanita mendapat posisi yang lebih tinggi dan tersanjung ketimbang kaum pria. 

Mencintai atau menghormati Ibu tiga banding satu dibanding untuk ayah. Surga di bawah telapak kaki Ibu. Keduanya hanya contoh-contoh dari pengakuan kemuliaan wanita dalam Islam.  

Keenam, dalam hal relasi suami dan isteri justeru dipandang sebagai relasi “saling melengkapi” dan saling menutupi. Itulah yang digambarkan dalam Al quran dengan kata-kata, “mereka adalah pakaian bagi kalian. Dan kalian adalah pakaian bagi mereka”.

Baca juga: Muhammadiyah Resmi Beli Gereja di Spanyol yang Juga Bekas Masjid Era Abbasiyah 

Lebih jauh wanita dan pria digambarkan bagaikan siang dan malam yang silih berganti untuk kelanjutan eksistensinya dalam surat Al Lail ayat 1-3. 

 وَاللَّيْلِ إِذَا يَغْشَىٰ وَالنَّهَارِ إِذَا تَجَلَّىٰ وَمَا خَلَقَ الذَّكَرَ وَالْأُنْثَىٰ

“Demi malam apabila menutupi (cahaya siang), demi siang apabila terang benderang, dan demi penciptaan laki-laki dan perempuan.”  

Ketujuh, sejarah Islam penuh dengan tokoh-tokoh wanita yang menentukan. Siapa yang tidak kenal Khadijah sebagai isteri dan orang pertama yang mengimani Rasulullah SAW? 

Sumayyah wanita dan Muslim yang pertama gugur di jalan Dakwah. Lalu siapa yang tidak mengenal Aisyah dengan intelektualitasnya yang tinggi? Bahkan Universitas termasyhur dunia Islam, Al-Azhar, juga didirikan pemimpin wanita kala itu. 

 

“Selamat Hari Wanita. Sukses konferensi wanita dunia. Semoga semua sadar bahwa Islam hadir tidak saja memberikan kebebasan dan kesetaraan kepada wanita. Tapi sejatinya Islam hadir sebagai salvation (penyelamatan) bagi kaum Hawa," jelas dia.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement