Selasa 28 Feb 2023 14:43 WIB

Apakah Boleh Melanjutkan Puasa Mulai Rajab, Syaban Hingga Ramadhan?

Nabi biasa menjalankan puasa paling banyak di Sya'ban.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Puasa. Apakah Boleh Melanjutkan Puasa Mulai Rajab, Syaban Hingga Ramadhan?
Foto:

Kelompok perawi hadits menceritakan sebuah hadits yang berbunyi, Rasulullah mengatakan, “Tidak seorang pun dari Anda harus berpuasa satu atau dua hari sebelum bulan Ramadhan kecuali dia memiliki kebiasaan menjalankan puasa sukarela (dan jika dia puasa bertepatan dengan hari itu), maka dia boleh berpuasa pada hari itu.”

"Tidak ada hadits yang menjadikan puasa Rajab dan Syaban terus-menerus dan menggabungkannya dengan Ramadhan sebagai bid’ah yang tercela dalam agama. Seperti yang saya katakan sebelumnya, puasa di bulan Rajab dan Syaban diperbolehkan,"ujar Syekh Saqr.

Adapun Rajab, itu adalah salah satu bulan suci. Mengenai Syaban, Nabi biasa berpuasa di dalamnya. Namun demikian, ada anjuran bagi umat Islam untuk tidak membebani diri dengan berpuasa lebih dari yang dapat mereka tanggung.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim, Aisyah meriwayatkan, Nabi tidak pernah berpuasa di bulan mana pun selain di bulan Syaban. Beliau biasa berkata, “Lakukanlah amalan yang mudah kamu kerjakan, karena Allah tidak akan jemu (memberi pahala) sampai kamu jemu dan jemu (melakukan amal saleh).”

Selain itu, jika seseorang terus berpuasa dua bulan berturut-turut meskipun hal ini dapat mempengaruhi puasa di bulan Ramadhan, maka ia akan lalai terhadap hadits tersebut di atas.

Begitu juga dengan puasa karena nazar, karena akan membebani. Sedangkan puasa Rajab dan Sya'ban diperbolehkan bagi orang yang mampu berpuasa tanpa merasa lelah. Selanjutnya, jika seorang istri ingin menjalankan puasa sukarela, dia harus meminta izin suaminya.

Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim,  “Seorang wanita tidak boleh berpuasa (puasa opsional) kecuali dengan izin suaminya jika dia di rumah (tinggal bersamanya).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement