Rabu 01 Mar 2023 05:15 WIB

Deretan Tokoh Intelektual Muslimah dalam Sejarah Sains

Banyak wanita Muslim yang juga memainkan peran penting dalam dunia Islam pra-modern.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Ilmuwan Muslimah. Deretan Tokoh Intelektual Muslimah dalam Sejarah Sains
Foto:

Tokoh Muslimah Intelektual

Dalam sejarah juga banyak ditemukan wanita Muslim abad pertengahan yang berhasil menguasai bidang matematika serta bidang lainnya. Sejarawan seperti Ibnu al-Jawzi, Ibnu al-Khatib Baghdadi dan Ibnu Katsir memuji Sutayta al-Mahamali, yang dididik di bawah pengawasan beberapa ulama.

Sutayta Al Mahamali adalah ilmuwan muslim perempuan dalam bidang matematika khususnya Aritmatika. Ia hidup di paruh kedua abad ke-10 dan berasal dari keluarga terpelajar di Baghdad. Ayahnya adalah seorang sarjana dan hakim yang dihormati.

Sutayta menunjukkan kemampuan hebat dalam matematika, yang melampaui kemampuan sederhana untuk melakukan perhitungan. Dia unggul dalam hisab (aritmatika) dan ilmu faraidh (ilmu mawaris).

Sutayta juga memberikan kontribusi berharga untuk bidang-bidang seperti sastra Arab, hadits, dan yurisprudensi. Ia meninggal dunia pada tahun 377 H/987 M.

Tokoh muslim lainnya yang juga memiliki kemampuan intelektual yang luar biasa adalah Lubna dari Kordoba. Ia termasuk bangsawan Istana Bani Umayyah di Andalusia dikenal karena kecintaannya pada akademisi. Keahliannya dalam menulis, tata bahasa, puisi, matematika, dan ilmu lainnya tidak tertandingi.

Tidak hanya sebagai sosok intelek, Lubna juga naik menjadi sekretaris istana khalifah Abdurrahman III dan putranya al-Hakam bin Abdurrahman. Lubna juga dikenal karena kecintaannya pada buku dan mengumpulkan sebuah perpustakaan yang terdiri dari lebih dari setengah juta buku (Ibnu Bashkuwal. Kitab al-Silla. Kairo, 2008, Vol. 2: 324).

photo
Tiga muslimah maestro kaligrafi. - (republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement