Selasa 24 Jan 2023 00:15 WIB

Aksi Bakar Alquran di Swedia, Mengapa Muslim Sangat Marah?

Alquran adalah kitab yang sangat penting dalam hidup seorang Muslim.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Seorang demonstran wanita memegang Alquran saat melakukan protes di depan Konsulat Jenderal Swedia, di Istanbul, Turki, 22 Januari 2023. Demonstran berkumpul setelah politikus sayap kanan Swedia-Denmark Rasmus Paludan diizinkan menggelar demonstrasi dan membakar salinan Alquran di depan kedutaan Turki di Stockholm pada 21 Januari 2023. Aksi Bakar Alquran di Swedia, Mengapa Muslim Sangat Marah?
Foto:

Sedangkan pendakwah Saudi Mahmoud bin Ahmed Al-Dosari mengatakan, setiap Muslim terlepas dari negara mereka yang berbeda, jarak dari rumah mereka, bentuk, bahasa hingga warna kulit yang berbeda, menganggap Alquran adalah sesuatu yang tidak bisa dilepaskan atas mereka. Karena dalam Alquran, Allah SWT menjelaskan semuanya kepada mereka di dalamnya, mulai dari soal aqidah atau keyakinan, ibadah, bersosialisasi hingga hak-hak pribadi.

"Tanpa Alquran, (seperti) tidak ada kehidupan, tanpa jiwa, hati, dan pikiran, maka umat Islam tidak memiliki entitas, tidak ada kehidupan, dan tidak ada rumah. Karena bagi mereka (Muslim) itu adalah cahaya, makanan, dan penyembuhan," jelasnya.

Alquran disebutnya mencakup 6.236 ayat yang berisi, secara total dan rinci, tindakan ibadah, keyakinan, biaya, prinsip, keputusan, transaksi, hubungan negara Islam dengan orang lain dalam damai dan perang, politik pemerintahan, penyelenggaraan peradilan, keadilan sosial, kesetiakawanan sosial, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan membangun masyarakat muslim dalam berbagai aspek, dan mewujudkan kepribadian Islam yang seutuhnya, sopan santun, etiket, hingga pengetahuan.

 

"Dengan kata-kata yang lebih tepat dan singkat, umat Islam mendapatkan dalam Alquran semua yang dibutuhkannya dalam kehidupan publik dan pribadi, agama dan kehidupannya," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement