Kamis 05 Jan 2023 05:45 WIB

Biografi Imam Malik, Pakar Ilmu Fikih dan Sang Pencetus Mazhab Maliki

Imam Malik terdidik di kota Madinah.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Biografi Imam Malik, Pakar Ilmu Fikih dan Sang Pencetus Mazhab Maliki
Foto:

Pendidikan Imam Malik

Imam Malik terdidik di kota Madinah pada masa pemerintahan Khalifah Sulaiman Ibn Abdul Malik dari Bani Umayyah, pada masa itu masih terdapat beberapa golongan pendukung islam antara lain sahabat Anshar dan Muhajirin. Pelajaran pertama yang diterimanya adalah Alquran yakni bagaiman cara membacanya, memahami makna dan tafsirnya. Beliau juga hafal Alquran.

Salain itu, beliau juga mempelajari hadts Nabi SAW sehingga beliau dapat julukan sebagai ahli hadits. Pendidikan keislaman Imam Malik telah berlangsung sejak beliau masih kecil. Kakek Imam Malik seorang sahabat Nabi saw, yang disebut-sebut dekat dengan Sahabat mulia Utsman bin Affan ra.

Keluarga Imam Malik memanglah terkenal sebagai keluarga pencinta ilmu. Tidak hanya kakek, ayah dan paman-pamannya, kecintaan terhadap ilmu ini juga menurun ke anak keturunan mereka. Imam Malik mengisahkan ia memiliki saudara kandung yang menjadi mitranya dalam menuntut ilmu.

Karya Imam Malik

Di antara karya Imam Malik adalah kitab Al-Muwatha’ yang ditulis pada tahun 144 H. Pendapat Imam Malik bisa sampai pada kita melalui 2 buah kitab, yaitu al- Muwatha’ dan Al-Mudawwanah al-Kubro.

Kitab al-Muwatha’ mengandung dua aspek yaitu aspek hadits dan aspek fiqih. Adanya aspek hadts karena al- Muwatha’ banyak mengandung hadts yang berasal Rasulullah SAW atau dari sahabat atau tabi’in. Hadits itu diperoleh dari 95 orang yang kesemuaannya dari penduduk Madinah, kecuali 6 orang diantaranya: Abu Al-zubair (Makkah), Humaid al-Ta’wil dan Ayyub Al-Sahtiyang (basrah), Atha’ bin Abdullah (khurasan), Abdul Karim (jazirah), Ibrahim ibn Abi Abiah (syam).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement