Rabu 04 Jan 2023 05:21 WIB

Ketika Nabi Muhammad Menyelesaikan Persoalan Rumah Tangga Sahabatnya

Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang menjadi panutan bagi siapapun.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Ketika Nabi Muhammad Menyelesaikan Persoalan Rumah Tangga Sahabatnya
Foto: Republika.co.id
Ketika Nabi Muhammad Menyelesaikan Persoalan Rumah Tangga Sahabatnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang menjadi panutan bagi siapapun, terlebih para sahabat. Segala persoalan yang dihadapi oleh mereka akan selalu diceritakan kepada Rasulullah, termasuk urusan rumah tangga.

Hal ini mereka lakukan karena menganggap Rasul adalah utusan Allah SWT yang ditugaskan untuk membimbing umat sesuai dengan syariat. Selama hidup, Rasul menerima cerita dan aduan yang datang dengan seksama, mendengarkan dan membantu mencari solusinya.

Baca Juga

Dalam buku Sejarah Madinah dan Biografi Intelektual-Spiritual Muhammad, disampaikan perihal kisah sahabat perempuan yang mendatangi Nabi Muhammad. Mereka menceritakan perihal urusan rumah tangga, yang menyebut ingin bercerai karena sudah tidak cinta lagi. Dalam buku-buku itu disampaikan sahabat perempuan yang pernah melakukan itu adalah Jamilah binti Ubay bin Salul, Habibah binti Sahl al-Asariyah, serta Barirah (mantan budak Sayyidah Aisyah).

Dalam artikel yang diunggah di laman resmi PBNU, disebutkan Nabi Muhammad bertanya kepada Jamilah binti Ubay tentang apa yang tidak ia suka dari suaminya, Tsabit bin Qais. Padahal, sosok Tsabit bin Qais dikenal memiliki agama yang sangat baik dan dirinya tidak mempermasalahkan hal tersebut.

 

Adapun alasan Jamilah meminta cerai adalah karena dia  tidak mau terus bersalah karena ketidaksetiaan. Dirinya menyebut tidak bisa menghargai hak-haknya sebagai suami atau mengkhianatinya lewat pikiran dan perilakunya. Riwayat lain menyebutkan Jamilah tidak lagi suka karena wajah suaminya yang jelek.

Nabi pun bertanya apakah Jamilah bersedia mengembalikan sebidang kebun yang diterimanya sebagai mahar, yang mana dijawab sanggup tanpa ragu. Setelah menimang banyak hal, Nabi menyadari kalau keduanya tidak akan bisa hidup tenang dan biduk rumah tangga mereka tidak bisa diselamatkan. Akhirnya, Rasul meminta Tsabit bin Qais menerima perceraian.

Hal yang sama juga dialami Barirah, budak Sayyidah Aisyah. Barirah dinikahi seorang budak juga, bernama Mughits. Di satu sisi, Mughits sangat mencintai Barirah, namun Barirah tidak mencintai suaminya itu.

 

sumber : https://islam.nu.or.id/sirah-nabawiyah/nabi-muhammad-dan-persoalan-rumah-tangga-sahabatnya-wW14g
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement