Rabu 04 Jan 2023 05:55 WIB

Ketika Sahabat Nabi Dawud AS Dapat Bonus Umur 50 Tahun Berkat Sedekah Makanan

Allah SWT memberikan berkah umur 50 tahun untuk sahabat Nabi Dawud berkat sedekah

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Nashih Nashrullah
Sedekah. Ilustrasi. Allah SWT memberikan berkah umur 50 tahun untuk sahabat Nabi Dawud berkat sedekah
Foto:

Tibalah hari yang ke-50 sejak datangnya kabar dari Malaikat Jibril. Sahabat itu tidak menunjukkan wajah duka. Pagi-pagi sekali, ia telah menyiapkan sajian yang beraroma lezat. Itu bukan untuk dimakannya sendirian. Rencananya, makanan itu akan diberikannya kepada Nabi Dawud sebagai tanda perpisahan.

Di tengah perjalanan, sahabat itu berpapasan dengan seorang musafir tua. Dari tampilan tubuhnya, orang tua itu tampak sangat kelaparan. Kepalanya menunduk saja, sedangkan tangannya memegang perutnya yang kempis.

Sahabat Nabi Dawud ini sempat dirundung bimbang. Ia memang menaruh iba pada kondisi musafir tersebut. Namun, makanan yang sedang dibawanya adalah hidangan perpisahan. Sajian ini telah lama dipersiapkannya khusus untuk sang Nabi.

Spontan saja, ia mengucapkan istighfar. "Mengapa aku harus berpikir dua kali untuk memberi?" Jelas-jelas orang fakir di hadapanku ini membutuhkan pertolongan segera, katanya membatin.

Kemudian, ia memberikan makanan yang dibawanya itu kepada si musafir. Lelaki tua itu menerimanya dengan senyum dan tangan yang bergetar. Air mata menetes membasahi pipinya.

Dengan segera, orang tua itu melahap habis makanan yang baru saja diterimanya. Sesudah itu, ia pamit dan mengucapkan terima kasih. Sahabat Nabi Dawud tersebut tidak jadi meneruskan perjalanan, dan memilih kembali pulang ke rumah.

Baca juga: Nasib Tragis Pendeta Saifuddin Ibrahim Penista Alquran, Jadi Pemulung di Amerika Serikat?

Di tempat berbeda, Jibril turun kepada Nabi Dawud. Malaikat tersebut mengabarkan keputusan Allah SWT. "Ajal sahabatmu itu ditangguhkan Allah Ta'ala. Ia pun diberikan karunia berupa tambahan usia 50 tahun lamanya," demikian pesan Jibril.

Dengan lekas, Nabi Dawud pergi ke rumah sahabatnya. Yang dikunjungi merasa bingung. Sebab, sudah hampir lewat waktu Maghrib dirinya tidak juga merasakan ajal.

Usiamu ditambah 50 tahun oleh Allah SWT, sebab keberkahan dari makanan yang engkau berikan untuk seorang musafir, kata Nabi Dawud. Ia pun bersujud syukur. Lisannya terus menggumamkan hamdalah.

 

Tidak disangkanya, sedekah dapat memperpanjang usia. Sang sahabat dapat kembali menyertai dakwah Nabi Dawud hingga lima dekade berikutnya. 

sumber : Harian Republika
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement