Senin 26 Dec 2022 15:15 WIB

Jumlah Kain Kafan untuk Jenazah dan Tata Cara Pemakaiannya

Jumlah kain kafan jenazah adalah tiga helai kain putih.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Pelatihan Mengurus Jenazah. Jumlah Kain Kafan untuk Jenazah dan Tata Cara Pemakaiannya
Foto:

Namun, apabila orang yang mengafani jenazah tidak mengkhawatirkan keluarnya sesuatu dari tubuh jenazah, maka dia melipat sehelai kain dan meletakkannya pada posisi itu, maka itu tidak apa-apa baginya. Tetapi apabila dia tidak melakukan itu sama sekali, Imam Syafii berharap itu sudah sah baginya. Meski kehati-hatian dengan melakukan itu adalah lebih mustahab menurut pandangannya.

Setelah itu, hendaklah diambil kapas lalu diletakkan kamper di atasnya yang kemudian diletakkan pada mulut jenazah, hidung, mata, dan tempat sujud (dahi) si jenazah. Apabila di tubuh jenazah terdapat luka terbuka, maka hendaklah pula kapas itu diletakkan di luka itu. Selain itu hendaklah pula kepala dan jenggot jenazah diberi wewangian.

Apabila kamper ditaburkan ke seluruh jasad jenazah dan kain kafan yang membungkus jenazah tersebut, maka menurut Imam Syafii hukumnya adalah mustahab. Kemudian hendaklah jenazah diletakkan di kain kafan pada posisi yang membuat sisa kain kafan pada kedua kakinya lebih sedikit daripada sisa kain pada kepalanya.

Kemudian hendaklah diambil tepi kain kanan untuk diletakkan pada sisi kaki kiri. Lalu hendaklah diambil tepi kain kiri untuk diletakkan pada sisi kaki kanan. Sehingga dengan demikian tertutup rapi tepi kain yang pertama.

Setelah itu, hendaklah kain yang berikutnya dibuat seperti kain yang pertama. Lalu setelah itu dilanjutkan dengan kain yang berikutnya juga dibuat seperti itu. Adalah mustahab, menurut Imam Syafii, apabila di antara lapisan-lapisan kain itu ditaburkan wewangian dan kamper.

Setelah itu, hendaklah semua sisa kain pada bagian kepala jenazah disatukan seperti serban kepala. Kemudian kain itu dikembalikan ke wajah hingga mencapai dada jenazah. Demikianlah pula yang dilakukan pada kedua kakinya yang dilipat ke punggung kakinya sesampainya kain tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement