Ahad 11 Dec 2022 21:00 WIB

Masjid Hassan II di Maroko, Terbesar Kedua di Afrika

Masjid Hassan II di Maroko dihiasi dengan menara setinggi 60 lantai.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Masjid Hassan II, Maroko
Foto: Travel.com
Masjid Hassan II, Maroko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Masjid Hassan II di Casablanca, Maroko, merupakan masjid terbesar kedua di Afrika yang masih aktif digunakan hingga sekarang. 

Dilansir di About Islam, Ahad (11/12/2022), Masjid Hassan II terletak di pesisir Samudra Atlantik yang mana pembangunan masjid tersebut terinspirasi dari ayat Alquran tentang Allah SWT dalam Alquran Surah Hud ayat ke-7.

Baca Juga

Allah berfirman, yang artinya, "Dan Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan ‘Arsy-Nya di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya. Jika engkau berkata (kepada penduduk Mekah), “Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan setelah mati,” niscaya orang kafir itu akan berkata, “Ini hanyalah sihir yang nyata,". 

Masjid Hassan II Maroko memiliki arsitektur yang indah dan canggih dengan menggabungkan geometri dan kaligrafi Islam yang halus. Pola-pola itu mentransmisikan spiritualitas dan menyebarkan ketenangan dan kedamaian, mengjristalkan esensi Tuhan. 

 

Masjid Hassan II dihiasi dengan menara setinggi 60 lantai, diatapi oleh laser yang mengarahkan cahayanya ke Mekkah. Masjid ini memiliki kapasitas 105 ribu jamaah yang dapat berkumpul untuk melaksanakan shalat berjamaah bersama. Kapasitas di dalam masjid sekitar 25 ribu, sedangkan kapasitas di sekitarnya dapat menampung 80 ribu jamaah. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement