Ahad 06 Nov 2022 09:23 WIB

Rahasia-Rahasia Sholat yang Diungkap Syekh Ibnu Athaillah dalam Al-Hikam

Sholat khusyuk akan memberikan dampak bagi yang melaksanakannya

Rep: Imas Damayanti,  Meiliza Laveda/ Red: Nashih Nashrullah
Sholat berjamaah (Ilustrasi). Sholat khusyuk akan memberikan dampak bagi yang melaksanakannya
Foto: REPUBLIKA
Sholat berjamaah (Ilustrasi). Sholat khusyuk akan memberikan dampak bagi yang melaksanakannya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sholat  merupakan kewajiban umat Islam sebagai bentuk penghambaan kepada Allah SWT. Di balik sholat , terdapat rahasia-rahasia yang dapat mendekatkan manusia lebih dekat kepada Allah SWT.  

Syekh Ibnu Athailah dalam kitab monumentalnya yang berjudul Al-Hikam mengatakan, sebagai berikut ini: 

Baca Juga

الصَّلاَةُ طُهْرَةٌ لِلْقُلُوبِ مِنْ أَدْنَاسِ الذُّنُوبِ، واستفتاحٌ لِبَابِ الغُيوب 

"As-sholatu thuhrotun lil-qulubi min adnaasi adz-dzunubi, wastiftaahun libaabil-ghuyubi. 

 

الصَّلاةُ مَحَلُّ المُناجاةِ ومَعْدِنُ المُصافاةِ؛ تَتَّسِعُ فيها مَيادينُ الأسْرارِ، وَتُشْرِقُ فيها شَوارِقُ الأنْوارِ. عَلِمَ وُجودَ الضَّعْفِ

As-sholat u mahallul-munaajati, wa ma'dinul-mushaafaati, tattasi'u fiha mayaadinul-asraari, wa tasyruqu fihasyawaariqul-anwaari. Alima wujudaddu'fi minka faqollala a'daadaha wa alimahtiyaajaka ila fadhlihi falatsura imdaadaha."   

Yang artinya, "Sholat  adalah pembersih hati dari kotoran-kotoran dosa dan pembuka bagi pintu rahasia ghaib. Sholat  adalah kesempatan untuk bermunajat dan penjernihan jiwa yang mana wilayah-wilayah rahasia terbentang begitu luas dan cahaya-cahaya Tuhan berkilauan di dalamnya.  

Allah SWT mengetahui sisi lemah dirimu sehingga Dia mempersedikit bilangan sholat.  Allah SWT juga mengetahui akan kebutuhan pada karunia-Nya sehingga Dia melipatgandakan limpahan pahala di dalamnya."  

Dijelaskan bahwa makna sholat  yang sesungguhnya adalah hal yang menjadi pembersih hati dari pengaruh dan kotoran duniawi dan dosa. Serta sifat-sifat lain yang menjauhkan pelakukanya dari pandangan kepada Tuhan Yang Mahaperkasa.  

Ibnu Athaillah menjelaskan, sholat  juga merupakan pembuka pintu sesuatu yang tak pernah seorang hamba miliki, yakni berupa makrifat dan rahasia-rahasia ilahiyah. 

Makrifat dan rahasia ilahiyah ini diumpakan dengan harta karun yang tertutup rapat. Jika hati sudah dibersihkan, tutupnya akan diangkat sehingga dia bisa melihat rahasia-rahasia ghaib yang tak bisa dilihatnya. 

Manfaat sholat

Sementara itu dikutip dari buku Ensiklopedi Wanita Muslimah oleh Haya binti Mubarok Al-Barik, ada enam faedah yang didapat dari ibadah sholat, antara lain :

1. Sebagai tanda bersyukur dan terimakasih manusia kepada Allah atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan-Nya 

2. Dengan sholat, manusia akan selalu ingat kepada Allah SWT. Juga dengan itu, semua perbuatannya akan selalu menuruti batas-batas hukum yang telah ditentukan-Nya. Sehingga akan terhindar dari perbuatan keji dan mungkar 

3. Mendidik dan membiasakan manusia hidup teratur dan menghargai waktu 

4. Dengan diharuskannya bersuci bagi setiap orang yang hendak sholat, baik badan, pakaian, maupun tempat, maka dia akan terdidik bersih yang akan menjadi pokok pangkal kesehatan 

5. Menanamkan rasa persamaan dan persatuan dengan mengerjakan sholat berjamaah. Sehungga hilanglah sifat sombong dan takabur. Serta akan bertambah sifat dan rasa kesosialan 

6. Sewaktu sholat manusia selalu memohon petunjuk dan perlindungan serta bertawakal, menyerahkan diri kepada Allah. Maka akan lega dan aman tentramlah pikirannya dan akan hilang lenyaplah segala kebingungan dan kegelisahan.   

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement