Kamis 27 Oct 2022 15:00 WIB

Pentingnya Sholat Berjamaah Bagi Mahasiswa di Kampus

Mahasiswa dianjurkan sholat berjamaah di kampus.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Pentingnya Sholat Berjamaah Bagi Mahasiswa di Kampus. Foto:   RAPATKAN SHAF. Suasana Jamaah jShalat Jumat di Masjid Salman ITB Bandung, Jumat (25/3/2022). Jamaah Shalat Jumat di masjid ini telah merapatkan jarak shafnya kembali. Meski demikian takmir masjid masih terus menerapkan protokol keseshatan termasuk mempersilahkan jamaah untuk keluar masjid secara bergiliran agar dan melalui pintu gerbang berbeda agar tidak terjadi kerumunan.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Pentingnya Sholat Berjamaah Bagi Mahasiswa di Kampus. Foto: RAPATKAN SHAF. Suasana Jamaah jShalat Jumat di Masjid Salman ITB Bandung, Jumat (25/3/2022). Jamaah Shalat Jumat di masjid ini telah merapatkan jarak shafnya kembali. Meski demikian takmir masjid masih terus menerapkan protokol keseshatan termasuk mempersilahkan jamaah untuk keluar masjid secara bergiliran agar dan melalui pintu gerbang berbeda agar tidak terjadi kerumunan.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Para ulama memang saling berbeda pendapat mengenai hukum sholat berjamaah. Ada yang mengatakan wajib, sunnah muakaddah, hingga fardhu kifayah. 

Namun demikian, sholat berjamaah memiliki keutamaan dibandingkan sholat sendirian. Dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah diriwayatkan, ia berkata, "Seorang buta (tuna netra) pernah menemui Nabi SAW dan berujar, 'Wahai Rasulullah, saya tidak memiliki seseorang yang akan menuntunku ke masjid,'. Lalu ia meminta keringanan kepada Rasulullah  untuk shalat di rumah. Ketika sahabat itu berpaling, beliau kembali bertanya, 'Apakah engkau mendengar panggilan shalat (adzan)?'. Laki-laki itu menjawab, "Benar,". Beliau bersabda: Penuhilah seruan tersebut (hadiri jamaah shalat)”. HR Muslim. 

Baca Juga

Dilansir di About Islam, Kamis (27/11/2022), Imam Hussain Kamani menjabarkan alasan penting mengapa sholat berjamaah penting dilakukan, salah satunya bagi mereka mahasiswa yang dapat mendirikan sholat berjamaah di kampus. 

"Jika Anda ingin menjadi orang yang lebih baik, beradalah di sekitar orang-orang yang akan membantu Anda menjadi lebih baik. Di mana menemukan teman-teman ini? Dan apa yang bisa menyatukan mereka dan memperkuat ikatan mereka?" kata dia.  

Dalam ceramah singkat, Imam Hussain Kamani menyerukan kepada mahasiswa untuk membangun wadah di mana orang-orang baik berkumpul. Patform ini dinilai akan menjadi tempat shalat berjamaah. Beliau mengingatkan tentang pahala yang berlipat ganda dari sholat berjamaah dan menjelaskan mengapa sangat penting bagi kita untuk tetap bersama dalam sholat berjamaah. 

"Dorong satu sama lain, buat perlengkapan bertahan hidup untuk kampus dan abaikan bisikan Setan," ujar dia. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement