Jumat 28 Oct 2022 05:45 WIB

Enam Pemikir Muslim Andalusia yang Jarang Diketahui

Andalusia menjadi salah satu kunci terpenting dalam sejarah kemajuan ilmu.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Ilmuwan Muslimah. Enam Pemikir Muslim Andalusia yang Jarang Diketahui
Foto:

5. Loubna al Qortobiya

Seorang cendekiawan wanita Andalusia abad ke-10 dan sekretaris khilafah di Cordoba. Dia adalah salah satu individu kunci di istana kedua khalifah (Anderrahman III, dan kemudian putranya al-Hakam II). Dia adalah wanita sangat intelektual yang mengkhususkan diri dalam puisi Arab, tata bahasa, seni kaligrafi Arab, dan matematika.

Dia menerjemahkan berbagai buku dan manuskrip ilmiah ke dalam bahasa Arab. Dia adalah kekuatan pendorong di balik penciptaan perpustakaan Medinat Az-Zahraa yang terkenal dan dia juga ditunjuk oleh para khalifah sebagai penanggung jawab perpustakaan di Cordoba.

6. Maslama al-Majriti dan putrinya Fatima al-Majritia

Maslama adalah ahli matematika Andalusia abad ke-10 (mereka menyebutnya Imam ahli matematika di Andalusia), astronom, ahli kimia (diterjemahkan sebagai "Almagest" dan Ptolemy) dan menulis esai tentang ekonomi di Andalusia. Dia juga meramalkan proses futuristik pertukaran ilmiah dan komunikasi ilmiah.

Dia membangun sebuah sekolah astronomi dan matematika yang menandai awal dari penelitian ilmiah yang teroganisir di Al-Andalus. Dia memperkenalkan dan meningkatkan tabel astronomi al-Khawarizmi dan membantu sejarawan putrinya Fatima dengan mengubah era Persia ke sistem era Islam (Hijriyah).

Berkat pengenalan sistem era Islam dan cara penghitungannya, Cordoba menjadi pusat dunia. Dia juga memperkenalkan teknik investigasi baru dan triangulasi. Putrinya Fatima membuat kontribusi untuk astronomi. Dia menulis buku yang sangat penting tentang cara menggunakan "astrolabe".

Maslama dan Fatima juga bekerja sama dalam menghitung posisi matahari, bulan, dan planet, kompilasi kalender fenomena astronomi dan menghitung matahari terbenam dan gerhana bulan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement