Jumat 28 Oct 2022 05:45 WIB

Enam Pemikir Muslim Andalusia yang Jarang Diketahui

Andalusia menjadi salah satu kunci terpenting dalam sejarah kemajuan ilmu.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Ilmuwan Muslimah. Enam Pemikir Muslim Andalusia yang Jarang Diketahui
Foto:

3. Ibn Razin al-Tujibi

Al-Tujibi adalah seorang sarjana Andalusia abad ke-13, pengacara, penyair, dan khususnya ahli kuliner yang sangat terkenal dari Murcia. Dia menulis beberapa karya ilmiah tetapi tidak ada yang tersisa dari karyanya kecuali buku masakannya Kelezatan dan Jenis Makanan Olahan Terbaik.

Selain tulisannya tentang masakan Andalusia dan Afrika Utara serta penggunaan rempah-rempah, ia juga menulis tentang penggunaan peralatan masak yang tepat (kelebihan dan kekurangan penggunaannya) dan menyusun nama-nama rempah dan resep dalam urutan abjad dengan penjelasan yang diperlukan tentang manfaatnya bagi kesehatan manusia. Tumbuhan tertentu tidak dikenal di Eropa sampai bukunya jadi populer.

4. Abu al-Hassan bin Ali al Qalasadi

Abu al-Hassan ibn al Qalasadi adalah seorang matematikawan, filsuf, dokter, dan sarjana Islam Andalusia abad ke-15 (Seorang faqih terkenal dari sekolah Maliki) dari Baza dekat Granada.

Dia adalah pendiri simbol aljabar standar yang digunakan saat ini dalam matematika. Dia dikenal sebagai salah satu suara paling berpengaruh dalam notasi aljabar sejak zaman dahulu.

Dia adalah orang yang mengambil langkah pertama menuju pengenalan simbolisme aljabar. Dia mewakili simbol matematika menggunakan karakter dari alfabet Arab.

Dia adalah orang pertama yang memasukkan kata 'X' dalam matematika. Dia juga menulis sebuah buku di mana dia menjelaskan peran Aljabar dalam puisi Arab. Karyanya memiliki dampak besar pada matematikawan Eropa dan menyebabkan evolusi ilmiah dan revolusi di dunia matematika.

photo
Ilustrasi Ilmuwan Muslim - (Mgrol120)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement